-->

Rabu, 25 Mei 2011

4 Tanda Keluarga Sehat

APAKAH keluarga Anda sudah tergolong keluarga sehat? Apakah Anda ingin tahu mengapa sebuah keluarga bisa selalu sehat, bugar, dan ramping. Untuk mengetahuinya, berikut tanda-tanda keluarga sehat menurut Dr Mehmet C Oz MD, seperti dikutip dari Shine.com:

1. Tak lewatkan sarapan dan makan siang
Menurut Dr Oz, keluarga yang sehat adalah mereka yang selalu sarapan dan makan siang secara teratur. Untuk memiliki berat badan yang sehat, Anda harus makan, bukan kelaparan. "Jika tidak mengisi perut secara teratur, Anda otomatis akan sering lapar. Hormon 'lapar' pun akan selalu muncul," kata Dr Oz.

2. Selalu makan malam bersama
Ritual sederhana seperti selalu makan malam bersama tidak hanya dapat membiasakan anak untuk makan tapi juga membuat mereka menghargai tubuh mereka sendiri, juga Anda. "Ketika keluarga berkumpul untuk makan, mereka menciptakan suatu keselarasan emosional yang menurut saya sangat sakral untuk kesehatan jangka panjang," kata Dr Oz.

3. Bermain bersama setiap hari
"Di rumah, kami kerap memasang lagu 50 Cent dan anak-anak menari-nari," kata Dr Oz. "Ini pesta dansa ala keluarga kami." Sama seperti dengan berolahraga di rumah selama 20 menit, kuncinya adalah untuk benar-benar bisa aktif sebagai sebuah keluarga. Ini juga bisa menjadi langkah antipenuaan yakni menggunakan pikiran untuk mengaktifkan otot-otot, baik untuk menari atau menangkap bola. "Ini adalah salah satu cara terbaik untuk awet muda," kata Dr Oz. Mainkan permainan sederhana seperti tangkap bola atau menari bersama-sama.

4. Memiliki jam tidur teratur
Tidur nyenyak membuat Anda senantiasa awet muda. "Separuh orang dewasa mengalami kesulitan untuk tidur dan kerap tak bisa memenuhi kebutuhan tidur tujuh jam setiap malam. Ini bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap serangan jantung dan stroke," kata Dr Oz.

Untuk itu, selalu jaga kondisi kamar tidur Anda dan keluarga agar senantiasa sejuk dan gelap. Jika Anda tidak bisa tertidur setelah 15 menit, jangan menyalahkan diri, bangun dari tempat tidur dan bermeditasi atau membaca untuk membantu Anda bersantai. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates