-->

Minggu, 22 Mei 2011

Olahraga Kurangi Resiko Batu Empedu

Anda tentu sudah mengetahui dampak positif olahraga. Selain dapat membuat tubuh lebih bugar, berolahraga secara teratur dapat mengurangi resiko batu empedu.

Demikian penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat. Penelitian yang menggunakan media tikus ini disanyalir juga berpengaruh kepada manusia. Dr. Kenneth R. Wilund dan koleganya menemukan bahwa berat batu empedu secara keseluruhan adalah 2,5 kali lebih besar dari pada tikus.

Para peneliti memperkirakan bahwa olahraga dapat memberikan keuntungan yang sama pada manusia. "Formasi bentuk dasar batu empedu cukup sama antara pada manusia dan tikus," Wilund mengatakannya pada Reuters Health.

Menurutnya, Kebanyakan protein yang diperlukan pada metabolisme kolesterol liver dan asam empedu sangat mirip antara manusia dengan hewan pengerat tersebut. "Oleh sebab itu, kami memperkirakan bahwa ada perubahan-perubahan yang kita percaya memiliki andil dalam pengurangan formasi batu empedu pada tikus yang telah dilatih untuk berolahraga dapat juga terjadi pada manusia yang juga melakukan olahraga," komentar Wilund, dari University of Illinois, Urbana.

"Pada kebanyakan situasi, formasi batu empedu pada manusia terjadi selama periode waktu yang lama mungkin tahunan," kata Wilund. "Sehingga hasilnya akan sulit untuk melakukan penelitian yang sama pada manusia.

"Bagaimanapun, proses pembentukan batu empedu sama dengan yang terjadi pada tikus dan manusia, sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa olahraga dapat juga membatasi pembentukan batu empedu pada manusia, kata Wilund dan koleganya seperti yang dikutip yahoo.com.

"Sudah jelas terbukti bahwa olahraga yang teratur dapat mengurangi munculnya penyakit kronis seperti sakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker," sambung Wilund. "Penelitian ini menunjukkan bukti awal bahwa kita dapat memasukkan beberapa daftar penyakit yang bisa kita kurangi resikonya seperti penyakit kantung empedu pada." ujarnya.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates