-->

Minggu, 29 Mei 2011

Nugget Sayuran, Lezat dan Sehat

Nugget identik dengan daging, seperti daging ayam, sapi, udang, cumi, dan sebagainya. Namun, di tangan Anindhita, nugget juga dapat dibuat dari bahan-bahan sayuran, seperti bayam, kembang kol, wortel dan sebagainya. "Walau ada tambahan dari daging ayam," kata Anindhita, kreator dan pemilik usaha nugget sayuran, di Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Menurut wanita berjilbab ini, bisnis nugget tersebut bermula dari kebutuhan gizi anaknya yang tidak suka dengan sayuran dan pilih-pilih makanan. "Sampai akhirnya, saya memutar otak untuk membuat nugget sayuran dan menjadi bisinis yang menyenangkan buat saya," ucap Anindhita.

Tak hanya anak-anak, nugget sayuran bikinan Anindhita juga dikonsumsi orang dewasa. "Mereka (orang dewasa) yang sedang berdiet," ujarnya. "Begitu juga dengan anak-anak autis karena (nugget) tak mengandung gluten, pengawet, msg, dan saya juga menggunakan sayur-sayuran organik."

Lalu, bagaimana cara membuat nugget bayam merah Pertama, daging ayam digiling sampai halus. Daging ayam yang dipakai adalah boneless ayam bagian dada. "Karena mengandung sedikit lemak," kata Anindhita tentang mengapa boneless dada ayam yang dipakai.

Sementara itu, bayam merah segar dicuci bersih dan diseduh sebentar dengan air panas untuk selanjutnya diblender. Bayam lalu dicampur dengan daging ayam berikut gula, lada dan garam. "Saya tidak menggunakan penyedap rasa ataupun pengawet," tuturnya.

Setelah tercampur rata, masukan tepung ke dalam olahan daging dan bayam. Tepung yang dipakai adalah tepung jagung. Setelah tercampur sempurna, olahan lalu dimasukkan ke cetakan untuk dimatangkan dengan cara dikukus. Cara mengukus harus hati-hati dan butuh ketelitian untuk tetap menjaga warna bayam. "Kalau warna bayam berubah, itu berarti antioksida berkurang," jelas Anindhita.

Bayam merah bermanfaat untuk pencernaan, penderita anemia, dan bagi ibu-ibut yang baru melahirkan. "Karena bisa membersihkan darah pascamelahirkan," tuturnya.

Selain mudah, pekerjaan ini bisa dikerjakan di rumah. "Jadi saya tidak kehilangan waktu dan tetap bisa mengurus rumah serta anak-anak," ucapnya.

Satu lagi, bisnis ini juga membuka lapangan pekerjaan dan menambah penghasilan. "Saya senang bisnis ini sudah mulai dikenal. Selain mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah, saya juga mendatangkan lapangan pekerjaan untuk orang-orang di sekitar saya," ujar Anindhita.

Untuk memperkuat branding, Anindhita telah mencatatkan produknya ini ke Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat. Selain itu, ia juga telah meregestrasi produk ini untuk label layak konsumsi.

Anda tertarik untuk menggeluti bisnis ini Anindhita membuat sistem keagenan untuk memperluas bisnis ini. "Sehingga bisnis ini bisa dikerjakan ibu-ibu di rumah atau pekerja kantoran," ucapnya.

Anindhita yakin bisnis nugget sayuran ini mempunyai prospek sangat baik. "Karena konsumen sekarang pasti melihat bagaimana produk itu higienis, mempunyai nilai gizi yang baik, dan juga praktis kepraktisan," ucapnya.(BOG)

Alamat :

Taman Yasmin

Bogor, Jawa Barat

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates