-->

Selasa, 17 Mei 2011

Ngobrol Efektif Mampu Mencegah Pikun

LATIHAN memori dengan cara interaksi sosial bisa mencegah kepikunan. Temui seseorang dan ajaklah ia untuk mengobrol. Peneliti menyatakan bahwa obrolan sederhana memiliki efektivitas setara dengan bermain permainan yang melatih kecerdasan otak.

Peneliti dari Universitas Zurich membandingkan 36 studi tentang latihan memori yang digelar antara 1970 dan 2007. Mereka menemukan baik orang dewasa sehat maupun mereka yang mengalami gangguan kognitif ringan bisa mengingat lebih baik setelah diberikan latihan memori. Dalam penelitian lain, peningkatan ini lebih maksimal bila mereka diajak diskusi mengenai seni.

Berdasarkan beberapa studi yang telah dipublikasikan, cara-cara alternatif seperti mengobrol memiliki efektivitas setara dengan latihan kognitif," kata peneliti Dr Mike Martin.

Penemuan bahwa interaksi sosial ini bisa efektif dalam menjaga ketajaman memori tentu bermanfaat setelah adanya peringatan dari Age Concern bahwa jutaan orang di dunia berusia di atas 65 tahun merasa terjebak dan terisolasi di dalam rumah.

Dr Martin berkata, meski tidak semuanya, beberapa orang memang mengalami penurunan kemampuan kognitif pada usia tua. Hal itu bisa berupa sulit mengingat dan merencanakan, memerhatikan, serta melakukan pekerjaan tak secepat sebelumnya. Untuk itu, coba ajak orang tua atau kakek nenek Anda untuk mengobrol sesuatu yang menyenangkan guna menghidarkan dari kepikunan. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates