-->

Minggu, 29 Mei 2011

Lima Kebiasaan Buruk bagi Kulit

BERBAGAI kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan keindahan kulit. Simak berbagai kebiasaan kecil namun tidak sehat yang sebaiknya Anda hindari demi menjaga kecantikan kulit.

Merokok
Selain risiko kesehatan yang sudah jelas, merokok juga bisa membuat Anda tampak lebih tua. Setiap kali Anda menghisap rokok, Anda menghirup racun-racun yang menyebabkan kerusakan radikal bebas. Akibatnya, kulit keriput dan kendur dari waktu ke waktu.

Selain itu, menurut Katie Rodan, associate profesor dermatologi klinis di Stanford School of Medicine, konstriksi aliran darah juga membuat kulit terlihat pucat. Menghirup rokok berulang kali juga menciptakan garis-garis di sekitar mulut.

Junk food
Kepercayaan lama menyatakan diet tidak berpengaruh terhadap penampilan kulit. Akan tetapi, penelitian terbaru dari Journal of the American Academy of Dermatology menunjukkan hal sebaliknya. Orang yang mengganti karbohidrat olahan dengan makanan kaya protein dan gandum utuh, terbukti lebih sedikit berjerawat.

Menurut Leslie Baumann, profesor dan direktur dermatologi kosmetik di Miller School of Medicine, University of Miami, makanan tinggi glisemik menyebabkan gula darah meningkat, sehingga memicu gelombang insulin yang merangsang hormon penghasil minyak atau disebut dengan androgen. Akibatnya, timbul jerawat.

Kurangi konsumsi junk food, dan Anda akan melihat perubahan dari wajah yang berjerawat dalam jangka enam minggu.

Kontraksi otot wajah
Ekspresi wajah Anda tidak akan tergurat selamanya di wajah secara instan. Akan tetapi, gerakan-gerakan yang konsisten akan menciptakan garis kerutan seiring berjalannya waktu.

Menurut David E. Bank, associate profesor dermatologi klinis di Columbia Presbyterian Medical Center di New York City, kontraksi otot wajah menyebabkan kulit di sekitarnya terdorong, tertarik, dan mengerut. Banyak garis kerutan di area atas wajah timbul disebabkan gerakan-gerakan berulang-ulang.

Tindakan pencegahan untuk menghindari tipe kerutan ini cukup mudah. Anda perlu rileks, mengenakan kacamata hitam, dan menghindari membaca di bawah pencahayaan buruk.

Menelepon
Menempelkan dagu atau pipi ke ponsel atau telepon dapat menyebabkan jerawat, baik telepon tersebut bersih dan bebas bakteri atau tidak. Menurut Rodan, menyandarkan wajah ke telepon dapat menyebabkan gesekan, oklusi, dan panas, yang dapat membuat wajah berjerawat. Lebih baik, gunakan headset saat berbicara di telepon.

Mengucek mata
Kulit di sekitar mata merupakan salah satu jaringan yang paling halus. Gosokan lembut sesekali mungkin tidak apa-apa bagi kulit di sekitar mata. Akan tetapi, menggosoknya secara agresif dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak pembuluh darah (yang dapat meninggalkan bekas merah yang bisa bersifat permanen yang hanya dapat diobati dengan laser).

Jika Anda melakukannya sepanjang waktu, Anda mungkin bahkan menyebabkan peregangan dan kulit menjadi longgar. Selain menghilangkan kebiasaan tersebut, menggunakan krim dengan kandungan peptida dan retinol ringan juga dapat membantu.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates