-->

Minggu, 29 Mei 2011

Kenali Penyebab Empat Masalah Rambut

TAHUKAH Anda bahwa ada korelasi langsung antara rambut yang sehat dengan kesehatan Anda? Berbagai masalah rambut seperti rambut kering dan rapuh, menipis, rontok, serta ketombe bisa menjadi indikator dari kondisi kesehatan tertentu atau kurangnya gizi di dalam tubuh.

Rambut kering, rapuh, kusam, bercabang

Pada dasarnya, ada tiga alasan untuk kondisi rambut seperti ini. Pertama, akibat penggunaan alat pengering rambut, catokan, proses kimia, menarik rambut terlalu ketat menjadi ekor kuda atau kepang, serta paparan sinar matahari yang berlebihan. Semua faktor tersebut dapat merusak lapisan kutikula pada batang rambut.

Yang kedua adalah kurangnya protein dan atau kelembapan pada rambut. Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam salmon, biji rami, atau suplemen minyak ikan memiliki peran penting dalam menjaga helai rambut yang kuat, sehat, dan berkilau.

Terakhir, rendahnya tingkat hormon paratiroid dapat menyebabkan kalsium menurun dan fosfor naik. Bukan hanya rambut, faktor terakhir ini juga dapat menyebabkan kulit bersisik.

Rambut tipis dan lemas

Penipisan rambut tidak sama dengan kerontokan rambut. Penipisan rambut adalah ketika tekstur aktual dari rambut mengalami perubahan. Penipisan rambut biasanya merupakan indikasi dari tiroid aktif. Kadang, alis juga ikut menipis. Alis tipis atau menghilang sama sekali merupakan indikasi yang jelas dari tiroid aktif.

Jika kondisi ini menimpa Anda, konsultasikan masalah tersebut kepada dokter dan lakukan tes untuk menentukan kadar tiroid Anda.

Rambut rontok

Kerontokan rambut masih terbilang normal jika jumlah rambut yang berguguran tidak lebih dari 100-150 helai perhari. Namun, waspadalah jika kerontokan rambut mulai berlebihan. Kondisi itu dapat disebabkan oleh perubahan hormon, obat-obatan, stres, gangguan makan (kekurangan nutrisi yang tepat) dan kesehatan yang buruk. Rambut yang rontok karena alasan di atas biasanya bersifat sementara dan akan tumbuh kembali.

Ketombe, psoriasis, eksim

Semua kondisi ini memengaruhi dan menyebabkan kulit kepala kering, gatal, dan beserpih. Meski kondisi tersebut dapat dikontrol dengan penggunaan shampo khusus, sangat dianjurkan bagi Anda untuk pergi menemui dokter agar tahu kondisi yang dihadapi dan perawatannya.

Misalnya, ketombe bukanlah kulit kepala yang kering, melainkan radang pada kulit kepala. Di sisi lain, psoriasis akan membentuk kerak tebal di kulit kepala, biasanya di garis rambut.

Intinya, kesehatan seseorang memainkan peran penting dalam kesehatan rambutnya. Rambut Anda membutuhkan protein dan kelembapan seperti bagian tubuh yang lain. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melakukan perawatan dan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan rambut dengan melakukan diet sehat dan menggunakan masker rambut. (Yul/X-13)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates