-->

Rabu, 25 Mei 2011

Aplikasi Mobile Mampu Mendiagnosa Stroke

PENDERITA stroke akut tidak perlu lagi khawatir. Dengan adanya aplikasi medis di iPhone atau Android, dokter tidak perlu mendiagnosa pasien dan memberikan resep pengobatan di rumah sakit.

Dokter spesialis bisa memperlakukan pengobatan stroke berdasarkan scan otak yang ditinjau dari ponsel pintar. Menurut studi yang dilakukan peneliti di University of Calgary, para dokter bisa menggunakan perangkat tersebut dengan tindakan ketepatan hampir sama ketika melakukan diagnosa dengan alat medis.

Awalnya ahli medis skeptis tentang penggunaan layar 3,5 inci pada iPhone untuk diagnosis darurat. Namun berkat kemajuan dalam kompresi citra, mikroprosesor dan bandwidth data wireless, ponsel pintar terbukti menjadi alat diagnosa canggih bagi dokter ahli.

Aplikasi yang disebut ResolutionMD Mobile ini bisa diunduh melalui App Store untuk iPhone dan iPad serta perangkat Android. “Teknologi ini sudah digunakan oleh beberapa ahli neuro-radiologi di rumah sakit di Eropa,” kata CEO Calgary Scientific, Byron Osing seperti dikutip cnn.com.

Osing menjelaskan bahwa perusahaannya juga mengembangkan perangkat lunak dan lisensi teknologi produsen peralatan termasuk Siemens AG.

Proses teknologi pada perangkat mobile yang diciptakan Calgary Scientific mengambil citra dari CT(computerized tomography) scan mesin dan feed ke server pendamping. Kemudian data yang dikompres dapat ditransmisikan dengan kualitas tinggi melalui internet. Informasi dapat dialirkan ke aplikasi ponsel atau browser Web sehingga dokter dapat memperbesar dan memanipulasi pencitraan scan otak. (*/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates