-->

Minggu, 29 Mei 2011

Tetap Melek tanpa Kafein

KAFEIN bukan solusi satu-satunya untuk mengusir kantuk. Ada beberapa cara mengusir kantuk tanpa menggunakan kafein. Solusi ini tentunya sangat bermanfaat, khususnya bagi yang telah membuat resolusi membuang ketergantungan pada kafein. Berikut beberapa trik yang bisa menjadi pilihan Anda.

Jalan kaki. Studi-studi menunjukkan bahwa jalan 20 menit bisa meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan. Untuk mengurangi keletihan, olahraga low-impact dinyatakan lebih baik dibandingkan olahraga high impact. Jadi, Anda tidak harus jalan cepat dan bertenaga untuk melihat hasilnya. Manfaat lainnya, Anda akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak, tentunya bukan saat bekerja.

Dengar musik. Mendengarkan musik saat bekerja membantu Anda tetap terjaga sekaligus meningkatkan konsentrasi. Jadi, cukup sediakan headphone nyaman dan pilihlah musik yang sesuai dengan selera Anda.

Istirahatkan mata. Cobalah sekali-sekali alihkan pandangan mata Anda dari layar komputer. Anda bisa melihat lukisan dinding kantor atau memanjakan mata dengan bunga-bunga yang ada di sekitar kantor Anda. Membiarkan mata tetap mengarah ke layar komputer bisa memicu sakit kepala, mata lelah dan nyeri.

Lakukan peregangan. Terjerat di depan komputer sepanjang hari bisa memicu rasa sakit di leher, yang selanjutnya menghadirkan kaku otot dan kelelahan kronis. Peregangan bisa membantu Anda menghindari masalah ini. Cobalah melakukan peregangan dengan cara mengangkat bahu ke arah telinga, tahan beberapa menit, kemudian turunkan dan rilekskan kembali. Ulangi delapan kali.

Pulihkan energi dengan kudapan sehat. Makan besar bisa mengundang kantuk, jadi pilihlah kudapan sehat dalam porsi kecil. Makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran bisa menjadi pilihan terbaik Anda.

Gunakan air dingin. Jika semua cara di atas gagal. cobalah cuci muka dengan air dingin. Cara ini umumnya efektif menghilangkan kantuk. (IK/Ol-5)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates