-->

Selasa, 17 Mei 2011

Diet Rendah Lemak Tajamkan Memori

BATASI asupan sodium, gula, dan daging merah untuk suksesnya diet rendah lemak dan tinggi serat. Tak hanya direkomendasikan karena mampu turunkan tekanan darah, tapi tahukah Anda bahwa diet yang dikenal dengan nama Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) ini juga bagus untuk memori?

Berdasarkan hasil studi terbaru dari Utah State University di Logan, diet ini bisa mencegah hilangnya daya ingat dan mempertajam keahlian mental. Diet DASH merupakan diet yang menekankan pada konsumsi buah dan sayur-sayuran, kacang-kacangan, whole grain, serta produk-produk susu yang rendah lemak.

Studi ini menyatakan, semakin patuh seseorang pada diet DASH, maka penurunan kemampuan mentalnya juga semakin lambat. Hal ini, menurut pemimpin studi Ron Munger, PhD, bukanlah hal yang mengejutkan mengingat sebelumnya diet ini juga terbukti efektif menurunkan tekanan darah."Sedang hipertensi sendiri merupakan faktor risiko penyakit kepikunan seperti alzheimer dan demensia," tutur Munger, seperti dikutip situs webmd.

Fungsi kognitif

Dalam studi ini, para peneliti mengikuti perkembangan 3.831 partisipan dengan usia 65 tahun ke atas selama 11 tahun. Semua partisipan belum menunjukkan adanya gejala kepikunan.

Pada awal studi, mereka diminta mengisi kuesioner berisi 142 pertanyaan mengenai jenis makanan dan frekuensi makan mereka. Selanjutnya, partisipan dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan tingkat kepatuhan mereka pada diet DASH.

Selama 11 tahun masa studi, partisipan diminta mengikuti 5 kali tes yang berfungsi mengukur fungsi kognitif secara umum, termasuk memori, rentang atensi atau konsentrasi, serta kemampuan memecahkan masalah.

Para peneliti menemukan, mereka yang paling mengikuti diet DASH, memiliki fungsi kognitif terbaik di awal studi dan mengalami paling sedikit penurunan keahlian mental di akhir studi. Dan makanan yang paling berpengaruh terhadap ketajaman fungsi kognitif ini, menurut Munger, adalah sayur-sayuran, whole grain, produk-produk susu rendah lemak, dan kacang-kacangan termasuk kacang polong.

Pola penerapan

Diet ini, terang Munger, menganjurkan asupan total 8-10 takar buah dan sayur per hari."Memang tidak mudah, tapi tidak ada alasan untuk tidak menerapkannya." Selain terbukti efektif menurunkan tekanan darah, lanjut Munger, Anda secara perlahan bisa mengumpulkan kembali fungsi kognitif yang hilang.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates