-->

Minggu, 22 Mei 2011

Mencukupi Kebutuhan Gizi Vegetarian

Menjalani hidup sebagai vegetarian tidaklah semudah yang dibayangkan. Bukan perkara melawan hawa nafsu, melainkan faktor kecukupan gizi bagi tubuh.Menjadi seorang vegetarian membutuhkan perencanaan pola makan yang baik.

Sebab, seperti manusia lain, vegetarian juga membutuhkan keseimbangan menu yang sehat. Penganan mereka umumnya rendah lemak jenuh, namun kaya serat serta zat antioksidan. Pola konsumsi makanan mereka memang dapat mencegah serangan jantung, diabetes, dan kanker.

Namun, mereka tetap membutuhkan nutrisi pengganti yang sebanding dengan nutrisi daging atau makanan sejenisnya. Sebaiknya, vegetarian menggunakan pola kombinasi. Bidang kesehatan modern akhirnya menemukan fungsi tubuh kita bak sebuah gudang. Jadi, perbanyaklah variasi jenis makanan yang disantap setiap hari sehingga Anda akan memiliki 'gudang'yang lengkap. Namun dalam menyantap makanan, penganut vegetarian tetap harus mengikuti takaran yang dianjurkan, inilah takaran yang dianjurkan bagi mereka :

Jenis buah-buahan dan sayuran. Satu porsi terdiri dari 1/2 mangkuk atau semangkuk sayuran mentah, 1 potong besar buah-buahan atau 1 mangkuk buah-buahan yang sudah dipotong-potong. Untuk meningkatkan daya serap zat besi, tambahkan satu atau tiga kali lipat porsi makanan dari gandum dan kacang polong, termasuk makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk atau brokoli dalam makanan Anda.

Jenis roti dan sereal. Satu sajian terdiri dari 2 iris roti, 1 mangkuk nasi atau pasta, 1 1/3 mangkuk sereal, tambahkan satu mangkuk teh herbal atau jus buah dikombinasikan dengan sereal. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi teh hitam atau teh hijau, serta kopi karena mengandung unsur tannin yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Anda juga dapat memperoleh manfaat seng dan nutrisi lainnya, dengan mengkonsumsi roti gandum dan sereal.Protein sayuran. Satu sajian terdiri dari 1/3 mangkuk kacang, 1/4 mangkuk sayuran, 1/2 mangkuk kacang polong, dan 1/2 mangkuk tahu atau tempe. Tambahkan kacang-kacangan dalam tumisan sayuran atau disantap sebagai camilan.

Gizi yang terkandung dalam makanan ini dapat menggantikan lemak jenuh yang berasal dari hewan. Gunakan kacang polong untuk campuran masakan atau salad.Cara terbaru juga menganjurkan lebih banyak mengkonsumsi kacang kedelai yang banyak mengandung phytoestrogens, karena zat ini memiliki gizi setara dengan daging sapi.

Tahu juga mengandung protein tinggi dan sangat lezat ditumis dengan irisan bawang putih, kecap, dan bumbu-bumbu lainnya. Sementara sayuran dan kacang polong bisa dibuat salad dengan sedikit tambahan minyak wijen, atau mayonaise serta margarin. Sajian berupa susu, terdiri semangkuk susu sapi atau susu kedelai, 200 gram yoghurt,2 iris (40 gram) keju.

Jika Anda sering menyantap produk dari susu, sertakan pula secara teratur vitamin B12. Dan jika Anda termasuk vegetarian murni, ganti susu sapi dengan susu kacang kedelai. Jenis susu ini memiliki keuntungan lain berupa tambahan kalsium. Cari pula, produk lainnya, seperti keju kacang kedelai atau yoghurt dari kacang kedelai.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates