-->

Minggu, 29 Mei 2011

Hormon Tanaman Aman bagi Manusia

HORMON tanaman jika digunakan dengan benar tidak berisiko bagi kesehatan manusia. Pernyataan ini sikemukakan oleh seorang peneliti yang bekerjasama dengan Chinese Academy of Agricultural Sciences (CAAS).

"Penggunaan zat yang tidak teratur membuat pertumbuhan tanaman menjadi terlalu cepat atau mempengaruhi rasa, tetapi tidak akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia," kata Ye Zhihua dalam sebuah wawancara dengan Xinhua.

Pernyataan ini dilontarkan ke publik sejak ada media di China yang melaporkan adanya semangka yang meledak kareena penggunaan berlebihan phytohormone. Phytohormone adalah hormon yang merangsang pertumbuhan tanaman.

Ye Zhihua melanjutkan bahwa hormon tanaman yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan memiliki efek yang sama atau mirip sebagai hormon tumbuhan alami. Buah-buahan dan sayuran yang dijual di pasarpun masih mengandung residu hormon meski dalam kandungan yang terbatas.

Lebih dari 100 jenis hormon tanaman, seperti Ethephon dan asam giberelin, digunakan dalam sektor pertanian dan kehutanan di seluruh dunia. Ye Zhihua pun menambahkan ada 38 jenis hormon tanaman yang telah terdaftar di China. (Xinhua/Eno/OL-05)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates