-->

Rabu, 25 Mei 2011

Strategi Sehat Membunuh Rasa Kesepian

SEMAKIN kita mengenal arti kata 'bahagia', tampaknya kita akan semakin anti dengan kala 'kesepian'. Namun, ada kalanya dalam hidup ini kita akan merasa sendirian. Bagaimana cara mengatasinya supaya tidak berkembang menjadi kondisi yang lebih buruk sepeprti depresi dan obesitas?

Berikut beberapa tips dari buku bertajuk Lonely karya Emily White, seperti dikutip dari Shine.com:

1. Meskipun sulit untuk dibedakan, istilah kesepian dan kesendirian memiliki makna terpisah. White menerangkan, "Memang masuk akal untuk merasa kesepian, tapi berbeda dengan perasaan seolah-olah Anda perlu waktu untuk diri sendiri." Saat kesepian, kita biasanya akan terasa hambar dan sedih, tapi bila menginginkan kesendirian, kita akan merasa damai, kreatif, dan restoratif.

2. Cara lain yakni dengan membesarkan anak. Misalkan saja mengajarkan mereka tentang merawat hewan bisa membantu meringankan kesepian.

3. Perlu diingat bahwa untuk menghindari kesepian, banyak orang yang membutuhkan lingkaran sosial dan hubungan intim. Memiliki salah satu dari dua hal itu masih bisa membuat Anda kesepian.

4. Bekerja keras untuk mendapatkan tidur Anda. Salah satu indikator yang paling umum kesepian adalah rusaknya waktu tidur, butuh waktu lama untuk tertidur, sering terbangun, dan merasa mengantuk di siang hari. Kurang tidur, dalam keadaan apa pun, membawa ke suasana hati rakyat, membuat mereka lebih mungkin untuk mendapatkan sakit, dan meredam energi mereka, jadi penting untuk mengatasi masalah ini.

5. Cobalah untuk mencari tahu apa yang hilang dari hidup Anda. White mengamati bahwa banyak membuat rencana dengan teman-teman tidak mengurangi kesepian. "Apa yang saya inginkan," tulisnya, "adalah kehadiran tenang orang lain." Dia ingin memiliki orang lain hanya berkeliaran di sekitar rumah dengan dia. Semakin jelas Anda melihat apa yang kurang, semakin jelas Anda akan melihat solusi yang mungkin.

4. Cara lainnya, usahakan agar bisa tidur dengan nyeyak. Salah satu penyebab kesepian adalah kurangnya waktu untuk tidur seperti membutuhkan waktu lama untuk tertidur, sering terbangun, dan merasa mengantuk di siang hari. Kurang tidur, dalam keadaan apa pun, membawa Anda ke suasana hati buruk sehingga lebih mungkin untuk sakit.

5. Cobalah untuk mencari tahu apa yang hilang dari hidup Anda. White mengamati bahwa orang yang sering melakukan aktivitas bersama teman-temannya cenderung kurang kesepian. "Apa yang saya inginkan," tulisnya, "adalah kehadiran orang lain." White mengutarakan dirinya hanya ingin ada orang lain yang berkeliaran di sekitar dia. Semakin jelas Anda melihat apa yang kurang, semakin jelas pula solusi yang memungkinkan.

6. Cobalah untuk memiliki suatu hubungan dengan orang lain. Emosi negatif seperti kesepian, iri hati, dan rasa bersalah memiliki peran penting dalam kehidupan yang bahagia. Rasa kesepian dapat diatasi dengan terhubung dengan orang lain. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



1 komentar:

Mandiri Stroke Pulomas mengatakan...

good info,,thanks

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates