-->

Minggu, 15 Mei 2011

Kiat Memilih TK dan Pendidikan Prasekolah

Pendidikan usia dini sangat penting bagi perkembangan anak. Untuk itu, para orang tua harus memiliki kiat khusus untuk memilih taman kanak-kanak atau lembaga pendidikan prasekolah yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Berikut beberapa kiat yang dikutip dari Ehow.

1. Bahasa

Pastikan TK yang Anda pilih memakai bahasa yang sesuai dengan yang digunakan anak sehari-hari. Hal ini akan memudahan anak menyerap seluruh ilmu yang diajarkan. Jika Anda berada di daerah seperti Jawa Barat atau Sumatera Barat, misalnya, terkadang komunikasi guru dan anak masih menggunakan bahasa setempat. Jika anak Anda terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di rumah, hal itu akan membuatnya kesulitan mencerna.

Memilih TK yang menggunakan 2 bahasa (Indonesia-Inggris) juga bisa menjadi pilihan tepat. Anak Anda bisa belajar bahasa Inggris sejak dini.

2. Kurikulum

Perhatikan kurikulum yang ditawarkan. Walau dinamakan prasekolah, namun lembaga ini merupakan dasar pendidikan bagi anak Anda. Cobalah untuk melihat apakah pendidikan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan. Pelajaran berhitung dasar penting bagi anak-anak, karena hal itu bisa melatih logikanya. Selain itu melatih keseimbangan otak anak dengan menyanyi, menggambar, dan kegiatan seni lainnya juga perlu dilakukan. Yang tak kalah penting, jangan lupakan latihan fisik seperti berolahraga.

3. Metode pengajaran

Setelah melihat kelengkapan kurikulum, hal lain yang juga harus dilakukan adalah menyimak bagaimana para pengajar menyampaikan kurikulum tersebut. Apakah sang guru masih memakai metode satu arah, atau mengajak anak-anak terlibat dengan metode pengajaran dua arah. Metode yang kedua tentu lebih baik. Anak Anda diajarkan bagaimana cara mengungkapkan pemikirannya, tanpa merasa takut atau malu. Kepercayaan diri anak pun bisa terlatih.

4. Lingkungan

Hal terakhir yang tak boleh luput dari penawasan Anda adalah lokasi serta lingkungan TK. Apakah lingkungannya cukup aman dan nyaman bagi anak-anak? Lingkungan yang aman dan nyaman akan membuat Anda merasa tenang saat si kecil sedang berada di sekolahnya.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates