-->

Minggu, 22 Mei 2011

Diet Vegetarian Turunkan Risiko Kanker

STUDI terbaru menemukan hasil yang menggembirakan, khususnya bagi Anda yang menerapkan diet vegetarian. Menurut sebuah studi dari University of Oxford di Inggris, menerapkan pola diet vegetarian bisa menurunkan risiko mengalami kanker hingga setengahnya. Studi yang melibatkan 61.000 partisipan berusia antara 20 dan 89 ini menemukan, mereka yang tidak makan daging mengalami penurunan insiden mengalami kanker secara umum hingga 12%. Tapi, perbedaan yang lebih mencolok terlihat pada kanker darah, termasuk leukemia dan lymphoma non-Hodgkin, dengan angka penurunan kanker mencapai 45%. Selain itu, tumor pada lambung dan kandung kemih juga menurun secara signifikan.

Menurut peneliti Profesor Tim Key, sepanjang hidup, 1 dari 3 orang akan terdiagnosis mengidap kanker. Jika secara umum ada 33 penderita kanker dari 100 orang, maka angka ini akan menurun menjadi 29 dari 100."Karena dengan diet vegetarian terjadi penurunan hingga 12%," terang Key, sepertri dikutip situs dailymail.

Key dan teman-temannya mengikuti perkembangan semua partisipan, yang setengahnya merupakan pemakan daging, selama 12 tahun. Dalam selang waktu ini, 3.350 partisipan terdiagnosis kanker. Selanjutnya, mereka memeriksa angka kejadian kanker pada partisipan yang menerapkan pola diet vegetarian, dan membandingkannya dengan mereka yang makan daging."Studi kami menemukan kalau angka kejadian kanker lebih sedikit pada mereka yang vegetarian dibandingkan dengan mereka yang makan daging."

Kaitan antara vegetarian dan kanker ini, terang Key, akan dilihat dalam penelitian selanjutnya. Akan tetapi untuk kanker perut, tambah Key, sudah tersedia cukup banyak bukti yang menunjukkan kalau asupan makanan seperti daging olahan yang tinggi bisa meningkatkan risiko."Tentunya, vegetarian yang tidak makan daging tidak mendapatkan risiko tersebut. Mungkin saja ada sesuatu dari diet vegetarian yang bersifat melindungi, atau mungkin ada sesuatu dari daging yang bersifat meningkatkan risiko kanker," tutur Key.

Su Taylor, seorang anggota Vegetarian Society di Inggris menyatakan kalau penelitian ini menambah bukti bahwa vegetarian memiliki risiko yang lebih kecil mengalami kanker."Mungkin saja karena vegetarian lebih patuh dalam menerapkan makan 5 porsi buah dan sayur sehari, atau mungkin ada alasan yang lebih rumit dari itu."

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates