-->

Minggu, 08 Mei 2011

Avastin, Obat Murah Pencegah Kebutaan

SEBUAH studi inovatif menawarkan gagasan penggunaan obat murah untuk mereka yang berpotensi kehilangan penglihatan seiring dengan penambahan usia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa obat kanker usus, Avastin, bisa mencegah kebutaan terkait dengan penambahan usia. Efektivitas obat ini hampir serupa dengan obat Lucentis yang dibuat oleh perusahaan yang sama, tetapi harganya 100 kali lipat lebih mahal. Hasil percobaan menunjukkan bahwa Avastin memiliki keampuhan serupa dengan Lucentis.

Hasil uji coba lainnya yang akan rampung dalam beberapa bulan ke depan bisa mendorong pemerintah Inggris untuk meminta Institut Nasional untuk Kesehatan Klinis (NICE) agar menetapkan penggunaan obat tersebut.

Komunitas Penyakit Makular Masyarakat pun menyambut baik temuan ini, tetapi mereka mengatakan, "Lucentis harus terus diresepkan sampai data keamanan Avastin tersedia."

"Ini adalah berita menggembirakan bagi mereka yang tidak memiliki pilihan pengobatan lain tapi memiliki bentuk-bentuk lain dari penyakit macula. Atau, penyedia layanan kesehatan mereka tidak menawarkan Lucentis," kata juru bicara seperti dikutip dari Daily Express, (5/5).

Studi ini telah dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates