-->

Minggu, 08 Mei 2011

Cara Alami Singkirkan Bau Badan

SEBUAH penelitian di Vanderbilt University di Nashville, Amerika Serikat tentang bau badan menemukan kesimpulan bahwa hal ini tidah hanya dipengaruhi variabel lingkungan seperti pola makan, tetapi juga oleh faktor-faktor lain, termasuk genetika.

Berikut adalah enam tips pengobatan alami di rumah untuk mengurangi bau badan:

1. Jaga kebersihan tubuh
Mandilah setidaknya sekali sehari atau lebih jika diperlukan sehingga jumlah keringat dan bakteri di tubuh akan berkurang. Keringat sendiri sebenarnya tidak menimbulkan bau, tapi ketika mikroskopis bakteri yang hidup secara alami di kulit bercampur dengan keringat, bakteri akan berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan bau tak sedap. Jadi cuci bersih tubuh khususnya daerah rawan berkeringat untuk mengurangi bau badan.

2. Gunakan sabun antibakteri
Pilih sabun mandi antibakteri untuk mengurangi jumlah bakteri sehingga mengurangi bau badan. Carilah kata-kata 'antibakteri' pada kemasan sabun.

3. Handuki seluruh tubuh
Setelah mandi, pastikan tubuh benar-benar kering dengan handuk bakteri yang menyebabkan bau badan akan sulit berkembang biak pada kulit Anda jika kering.

4. Pakai deodoran atau antiperspirant
Setelah bersih dan kering, gunakan deodoran atau antiperspirant di ketiak Anda. Deodoran memang tidak mencegah keringat, mereka menjadi topeng bau bakteri pada kulit. Sementara itu, antiperspirant mengandung aluminium klorida, bahan kimia yang mengurangi keringat. Kini sudah banyak produk deodoran dan antiperspirant yang terbukti ampuh mencegah datangnya bau badan. Gunakan dua kali sehari, pagi dan sore hari.

5. Jaga kebersihan pakaian
Sering-seringlah ganti baju bila Anda mudah berkeringat. Pakaian segar membantu menjauhkan bau badan. Jangan lupa mengganti kaus kaki, terutama jika Anda cenderung memiliki bau kaki. Gunakan bubuk deodoran di sepatu Anda dan sering-seringlah bertelanjang kaki jika memungkinkan.

6. Jaga pola makan
Apa yang Anda makan memengaruhi bau badan Anda. Dalam satu studi, misalnya, peneliti dari Republik Ceko menguji dampak konsumsi daging merah pada bau badan terhadap 17 laki-laki. Hasilnya menunjukkan mereka yang jarang mengonsumsi daging merah memiliki bau badan lebih 'bersahabat'.

Makanan yang cenderung membuat Anda berkeringat lebih seperti cabai atau makanan pedas juga dapat menimbulkan bau badan. Aroma makanan seperti bawang atau bawang putih juga memengaruhi keringat dan bau badan. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates