-->

Minggu, 08 Mei 2011

Perawatan Mata di saat Terik

MESKIPUN tak sabar memamerkan kaca mata hitam baru, Anda semestinya terlebih dahulu memastikan apakah kaca mata itu memang benar-benar bisa melindungi mata dari kerusakan sinar matahari, terlebih saat cuaca sedang terik-teriknya.

Sama seperti tabir surya yang kita gunakan untuk melindungi kulit, lensa kacamata hitam semestinya juga bisa melakukan hal serupa. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menjadi penyebab katarak, kerusakan retina, dan masalah mata lainnya. Saat cuaca panas, kacamata hitam memang perangkat ideal mencegah sinar matahari dan debu masuk ke mata.

Apabila Anda berencana melakukan olahraga di air, belilah kacamata pelindung yang memang bagus, tak sekadar trendi atau mahal. Jika Anda berenang secara teratur, pastikan bahwa Anda memakai kacamata. Di musim panas, kandungan klorin pada kolam meningkat sehingga bisa dengan mudah menyebabkan mata iritasi. Untuk itu, obat tetes mata merupakan cara paling efektif untuk melindungi mata. Tanyakan pada dokter jenis obat tetes mata apa yang paling cocok dan bebas pengawet yang mampu membuat mata terasa nyaman.

Apa saja gangguan mata yang bisa terjadi kala cuaca tengah panas? Berikut beberapa di antaranya:

1. Konjungtivitis
Konjungtivitis adalah penyakit umum kala musim panas. Penyakit ini ditandai dengan mata kemerahan, terasa nyeri, dan mata berair. Penyakit ini perlu segera ditangani untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain dan memburuknya kondisi mata. Jagalah kebersihan dengan mencuci mata dengan air bersih, jangan berbagi sapu tangan atau handuk dengan orang lain. Gunakan tetes mata antibiotik dan salep mata, tapi melalui resep dokter.

2. Styes
Penyakit ini ditandai dengan kelopak mata bengkak, kemerahan, dan nyeri. Itu terjadi karena infeksi bakteri pada kelopak mata. Jika Anda mengalami stye, jagalah kebersihan mata atau kompres mata dengan handuk hangat lalu minum tablet analgesik dan antibiotik.

3. Mata kering
Sindrom mata kering umum terjadi saat musim panas karena suhu udara meningkat dan cairan pada mata mengering dengan cepat. Sering-seringlah mencuci mata dan gunakan tetes mata. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates