-->

Minggu, 08 Mei 2011

VAKSIN universal yang merupakan bagian generasi obat baru dengan menggunakan sistem imunitas tubuh sendiri untuk melawan penyakit seperti tumor akan tersedia dalam dua tahun.

Vaksin bernama TeloVac ini ditengarai merupakan revolusi pengobatan kanker. Diharapkan, vaksin ini nantinya akan efektif terhadap berbagai jenis tumor, termasuk paru-paru, kulit, hati, payudara, dan kanker prostat.

Alih-alih menyerang sel-sel kanker, seperti obat-obatan biasa, vaksin ini memanfaatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh untuk melawan tumor.

Vaksin ini bekerja dengan mendorong sistem kekebalan tubuh untuk mencari dan menghancurkan enzim yang disebut telomerase. Enzim ini kerap ditemukan pada kasus sel kanker tingkat tingggi dan bisa membuat sel kanker bertahan, bahkan saat sel-sel sehat mati. Ini berakibat pada semakin menyebarnya tumor.

Jika studi terbaru yang didanai oleh Cancer Research UK ini terbukti layak, vaksin ini bisa tersedia untuk mengobati kanker pankreas stadium lanjut pada akhir 2013. Dalam waktu, itu bisa digunakan di awal penyakit ini - dan bahkan untuk mencegahnya.

"Kami sangat percaya vaksin ini berpotensi mengatasi batas lain vaksin kanker yang digunakan saat ini dan menjadi bagian dari standar perawatan Tidak hanya untuk kanker pancreas, tetapi juga untuk berbagai macam jenis kanker," kata Sangjae Dr Jay Kim, pendiri dari GemVax, perusahaan asal Korea yang mengembangkan vaksin TeloVac, seperti dikutip Daily Mail.

"Dengan kata lain, vaksin yang benar-benar 'universal' ini akan tersedia dalam waktu dekat," tambah Kim. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates