-->

Senin, 14 Maret 2011

Gempa Susulan Dahsyat Ancam Jepang 3 Hari

VIVAnews - Warga Jepang dan warga negara Indonesia di lokasi gempa masih mengkhawatirkan gempa-gempa susulan berkekuatan besar. Menurut petugas berwenang setempat, dalam tiga hari ini akan ada gempa-gempa susulan berkekuatan 7 skala richter.

"Bahkan ada peringatan dari televisi kalau dalam tiga hari ini sampai 16 Maret akan terjadi gempa besar," kata Bayu Dwi Apri Nugroho, mahasiswa S3 Ilmu Pertanian, Universitas Iwate, dalam perbincangan via chatting dengan VIVAnews.com, Senin 14 Maret 2011.

Gempa besar yang dimaksud Bayu itu berskala sekitar 7 skala richter. "Kalau lebih dari tiga hari, peluangnya menjadi 50 persen," kata pria yang juga Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Badan Meteorologi Jepang juga menyebut soal prakiraan gempa susulan dengan magnitude besar ini. Sejumlah media asing bahkan menyebut kekuatan gempa susulan bisa lebih dari 7 skala richter. Gempa-gempa susulan berkekuatan besar ini juga mengancam aktivitas para tim penyelamat.

"Peluang terjadinya gempa susulan besar itu sekitar 70 persen," kata Direktur Prakiraan dan Informasi Gempa di Badan Meteorologi Jepang, Takashi Yokota, seperti ditulis Guardian.

Gempa berkekuatan 7 skala richter itu juga bisa memicu gelombang tsunami, tergantung kedalaman pusat gempa. Gempa berkekuatan itu juga mampu mengguncang gedung-gedung tinggi. Menurut Yokota, gempa-gempa susulan sudah terjadi di bawah laut. Gempa terasa hingga sepanjang 500 kilometer dan lebar 200 kilometer.

Gempa 9 skala richter yang terjadi Jumat 11 Maret itu menewaskan 1.600 orang lebih. Gempa bahkan menggeser posisi Jepang sekitar dua meter. Reaktor nuklir di prefektur (setingkat provinsi) Fukushima dua kali meledak. Gempa ini juga memporak-porandakkan dua provinsi lainnya, Iwate dan Miyagi.

• VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates