-->

Selasa, 22 Maret 2011

INILAH.COM, Jakarta - Pantai Ngurbloat, atau yang sering juga disebut Pantai Pasir Panjang, merupakan kawasan pantai di Desa Ngilngof, Tual, Maluku Tenggara.

Selain bentangan pasir pantai sangat luas, warna pasir pantai Ngurbloat putih cerah dan sangat lembut. Kondisi itulah yang membedakan Ngurbloat dengan pantai lainnya.

Sebagai pantai yang menjadi tempat wisata utama di Maluku Tenggara adalah Pantai Ngurbloat, artinya Pantai Pasir Panjang. Pantai Ngurbloat terletak di Desa Ngilngof di bagian barat Pulau Kei Kecil. Sesuai sebutannya, pantai pasir putih ini memanjang hingga tiga kilometer.

Kontur Pantai Ngurbloat yang landai dan lebar merupakan nilai plus yang memberikan perasaan aman bagi penduduk Pulau Kei untuk melihat anak-anak mereka berenang dan bermain pasir di pantainya. Apalagi kehadiran pulau-pulau kecil di seberang pantai mampu menjadi peredam sehingga ombak di Pantai Ngurbloat tidak terlalu besar dan pasang surutnya juga tidak terlalu kuat.

Di kawasan itu juga orang bisa berenang. Lokasinya cukup aman dan luas karena Pantai Ngurbloat landai. Pulau–pulau kecil yang terletak berhadapan dengan pantai itu membuat ombak laut di pantai tersebut tidak terlalu besar dan arusnya pun tidak terlalu kuat.

Pantai Ngurbloat tidak hanya berair jernih, tetapi juga relatif bersih dari sampah dan limbah. Hanya sedikit sampah organik dari rumput laut yang terlihat tercecer di beberapa tempat.

Bagi wisatawan yang lelah beraktivitas di pantai atau sengaja ingin bermalas–malasan sambil menikmati panorama, tersedia sejumlah pondok tempat menjual makanan dan minuman maupun tempat peristirahatan tersedia di tepi pantai. Bersantai di bawah rindang pepohonan terasa sangat menyenangkan. Apalagi udara terasa segar dan suasana begitu tenang.

Untuk dapat menikmati kelembutan dan keramahan Pantai Ngurbloat, Anda dapat memulai perjalanan dengan menumpang pesawat selama 1,5 jam dari Bandara Pattimura di Ambon menuju Bandara Dumatubun di Langgur.

Dari daerah Pasar Ohoijang di Langgur, Anda dapat memilih menggunakan mobil sewaan atau menumpang angkutan umum yang akan langsung membawa Anda menuju Pantai Ngurbloat.

Namun kalau Anda adalah wisatawan bahari sejati, tak ada salahnya memilih perjalanan dengan menggunakan transportasi laut yang akan membawa Anda dari Pelabuhan Yos Sudarso di Ambon menuju Pelabuhan Tual yang hanya terjadi seminggu sekali, dan kemudian dilanjutkan dengan pelayaran menuju Pantai Ngurbloat yang hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Apapun moda transportasi pilihan Anda, kelembutan dan keramahan Pantai Ngurbloat tetap menanti Anda. [mor]

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates