-->

Senin, 28 Maret 2011

Kecanduan Seks Tergolong Gangguan Kejiwaan

PARA ilmuwan telah menetapkan kondisi kecancuan seks termasuk kategori penyakit kejiwaan. Maka itu, menurut Asosiasi Dokter Amerika (APA), penderita kondisi ini mesti menjalani terapi.

Dijelaskan, kecanduan seks merupaka sebuah kondisi di mana penderitanya memiliki dorongan seksual tanpa henti hingga di luar kendali, seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (14/3). APA menerbitkan sebuah manual yang dianggap panduan definitif untuk menganalisis gangguan psikologis asli tersebut

Kecanduan seks menjadi cukup populer saat banyak selebritas terdiagnosis dengan penyakit tersebut, sebut saja Tiger Woods dan Russel Brand. Karena diketahui mengalami kecanduan seks, mantan pegolf nomor satu dunia, Tiger Woods, telah menjalani terapi di pusat rehabilasi selam enam minggu di klinik Pine Grove di Mississippi.

Di sisi lain, kecanduan terhadap judi baru-baru ini juga telah diklasifikasikan sebagai penyakit kejiwaan di Inggris. Sekarang, pusat pelayanan kesehatan negara itu juga telah memulai sebuah proyek awal untuk pengobatan kecanduan seks.

Adanya golongan baru penyakit kejiwaan ini tentunya juga akan mendorong bermunculannya obat-obat khusus untuk kecanduan seks seperti antidepresan dan obat penekan hasrat seksual.

Salah satu pengurus klinik Pine Grove berujar bahwa pasien di klinik itu menjalani terapi kelompok selama 8-9 jam per hari serta sesi individual dengan psikiater dan terapis terlatih.

Sementara itu, psikolog di klinik dan terapi seks Janet Hall di Melbourne mengatakan bahwa jumlah pasien dengan masalah kecanduan seks kini semakin bertambah. Menurutnya, munculnya kasus serta solusi pengobatan para selebritas telah berkontribusi pada peningkatan jumlah kasus itu. Para pasien, katanya, seakan-akan berpikir bahwa kalau orang yang kaya dan seterkenal Tiger Woods saja bisa mengalami kondisi, itu, berarti para penderita lainnya tidak sendirian. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates