-->

Senin, 28 Maret 2011

Pepaya Bisa Tangkal Datangnya Keriput

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jakarta, Keriput adalah proses alami kulit yang bisa terjadi seiring usia. Seiring waktu, kulit kehilangan elastisitas, menjadi kering dan tipis, sehingga akan muncul keriput. Pepaya bisa membantu menangkal dan menunda datangnya keriput.

Faktor usia dan penuaan, paparan sinar matahari yang berlebihan dan merokok merupakan penyumbang utama untuk menuaan kulit dan keriput, seperti dilansir MayoClinic.com, Senin (28/3/2011).

Diet yang sehat dapat meningkatkan kesehatan kulit dan membantu mencegah timbulnya keriput, salah satunya adalah buah pepaya.

Pepaya mengandung sejumlah nutrisi yang membantu melawan tanda-tanda penuaan. Penulis Allison Tannis menulis dalam bukunya Feed Your Skin, Starve Your Wrinkles, pepaya mengandung kalium, serat, folat, asam panthothenic dan magnesium, yang semua berkontribusi untuk kulit halus dan sehat sehat.

Selain itu, pepaya mengandung karotenoid, flavonoid, vitamin A, C dan E, yang bertindak sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit dan menyuplai kolagen.

Menurut Tannis, enzim papain yang terkandung di dalam pepaya juga bertindak sebagai exfoliator (pengelupas) alami. Enzim ini membantu melemaskan dan membersihkan sel-sel kulit mati yang mungkin terperangkap dalam folikel rambut, menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan jerawat.

Inilah sebabnya mengapa banyak krim exfoliating keriput berisi ekstrak daun pepaya, enzim buah alami mengendur sel-sel kulit mati dan dengan lembut mengangkat lapisan atas kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus dan munculnya keriput.

Bagaimana menggunakannya?

Konsumsi pepaya adalah hal yang paling mudah dilakukan. Tapi jika ingin digunakan sebagai masker juga bisa dilakukan.

Untuk membuat masker, haluskan pepaya dan campurkan dengan sedikit gel aloe vera atau lidah buaya, seperti dilansir Livestrong. Gunakan campuran ini pada wajah dan biarkan selama kurang lebih lima menit. Masker ini bisa menjadi sangat kering bisa dibiarkan melebihi waktu yang direkomendasikan.

Bila masker sudah cukup kering, cuci dengan air hangat dan pijat wajah dengan lembut, kemudian keringkan.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates