-->

Jumat, 18 Maret 2011

Fino Yurio Kristo - detikinet
Jakarta - Google Voice Search, layanan pencarian online dengan suara, kini telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Di wilayah Asia Tenggara, baru bahasa Indonesia yang dikenali oleh layanan ini.

"Fitur ini memang sudah ada cukup lama tapi baru kali ini tersedia dalam bahasa Indonesia," tukas Henky Prihatna, Indonesia Country Representative Google.

Bukan tanpa alasan bahasa Indonesia dipilih sebagai yang pertama di Asia Tenggara. Hal ini tak lepas dari kian besarnya pengguna ponsel di Tanah Air.

"Penetrasi ponsel tinggi di Indonesia. Dan kian banyak orang melakukan pencarian secara mobile. Dari sepuluh pencarian yang dilakukan via desktop, ada enam sampai delapan pencarian via ponsel," tutur Derek Callow, Head of Marketing Google South East Asia.

Kehadiran Google Voice Search sendiri diklaim memudahkan pengguna ponsel melakukan pencarian. Tidak perlu repot mengetik dan cukup mengatakan obyek pencarian, hasilnya muncul dengan cepat.

Karena sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, maka user cukup mengatakan apa yang dicarinya dengan bahasa sendiri. Misalnya mengucapkan tugu monas, maka hasil pencarian langsung memperlihatkan data tentangnya. Layanan ini tersedia untuk Android 2.1, 2.2, 2.3, iPhone dan Blackberry.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates