-->

Senin, 28 Maret 2011

Penderita Hipertensi Rentan Pikun

STUDI terbaru menemukan bahwa pria dan wanita usia baya yang memiliki masalah kesehatan seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi, tidak hanya berisiko mengalami penyakit jantung, tetapi juga masalah kognitif seperti memori.

Untuk studi ini, sebanyak 3.486 pria dan 1.341 perempuan dengan usia rata-rata 55 tahun menjalani tes kognitif tiga kali dalam 10 tahun. Tes dilakukan dengan mengukur penalaran, memori, dan kosa kata.

Peserta menjalani uji Framingham guna mangukur risiko kejadian kardiovaskular dalam 10 tahun. Tes didasarkan pada usia, jenis kelamin, kolesterol HDL, total kolesterol, tekanan darah sistolik, dan apakah mereka merokok atau menderita diabetes.

Studi ini menemukan orang yang mempunyai risiko mengalami masalah kardiovaskular lebih cenderung memiliki fungsi kognitif yang lebih rendah dan penurunan kemampuan lebih cepat secara keseluruhan jika dibandingkan dengan risiko terendah penyakit jantung.

"Temuan kami bisa menambah bukti perihal beberapa faktor risiko kardiovaskuler, seperti kolesterol tinggi dan tekanan darah, memberikan kontribusi terhadap masalah kognitif, dimulai pada usia baya," kata peneliti Sara Kaffashian, dari Institut Kesehatan Nasional & Medical Research di Paris.

Studi ini akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Academy of Neurology ke-63 di Honolulu pada 9 April - 16 April 2011. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates