-->

Jumat, 18 Maret 2011

Khasiat Sup Hangat di Saat Flu dan Pilek

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jakarta, Dalam cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, penyakit flu dan pilek mudah sekali menyerang. Saat badan mulai meriang disertai hidung mampet dan bersin-bersin, semangkuk sup hangat cukup ampuh meredakan gejala flu dan pilek.

Saran ini disampaikan oleh ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dalam peluncuran kampanye Mulai Hidup Sehat dari Sekarang yang diprakarsai Danone-Aqua di XXI Ballroom, Djakarta Theatre, Jakarta, Rabu (16/3/2011).

"Uap dari sup panas bisa melegakan hidung yang tersumbat oleh lendir pernapasan saat sedang pilek. Airnya sendiri akan diserap oleh tubuh dan akan membuat lendir menjadi lebih encer sehingga mudah dikeluarkan," ungkap dr Oetoro.

Meski demikian, dr Oetoro tidak menyarankan untuk makan sup pedas. Menurutnya, makanan dengan rasa dan aroma yang terlalu tajam atau merangsang misalnya sambal tidak cocok untuk flu dan pilek terutama jika disertai dengan radang tenggorokan.

Selain makan sup, jenis makanan lain yang dianjurkan saat flu adalah berbagai jenis sayuran dan buah-buah. Kandungan vitaminnya yang tinggi bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi kuman-kuman penyebab penyakit.

Sementara itu seperti yang pernah diberitakan detikHealth sebelumnya, kekebalan tubuh juga bisa ditingkatkan dengan memperbanyak asupan zink. Jenis makanan yang merupakan sumber zink antara lain kacang-kacangan, kedelai, seafood, daging merah dan telur.

Bawang putih juga baik untuk membentuk antibodi yang akan melawan kuman atau virus. Selain itu, manfaat lain dari bawang putih adalah meningkatkan peredaran darah sekaligus meningkatkan penyerapan nutrisi penting dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

(up/ir)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates