-->

Jumat, 18 Maret 2011

Solusee, Pencarian Informasi Tanpa 'Puyeng'

Wicak Hidayat - detikinet
Jakarta - Mencari informasi spesifik di search engine seperti Google atau Bing kadang menyulitkan. Situs lokal Solusee menawarkan hasil pencarian yang lebih relevan.

Solusee merupakan situs lokal yang dimotori oleh Sony AK, penggiat internet yang beberapa waktu lalu sempat mencuat gara-gara namanya.

Pencarian di Solusee mungkin tak akan memberi hasil sebanyak Google atau Bing, namun biasanya lebih tepat sasaran.

Misalnya, saat dicoba detikINET, Rabu (16/3/2011), dengan pencarian 'pesan antar Pizza Hut' di Solusee maka hasilnya adalah: Pizza Hut - Jakarta - order or delivery phone +622163850626. Bandingkan dengan Google yang akan menampilkan sekitar 96,500 hasil pencarian.

"Idenya sih karena kita capek dengan hasil search Google atau information provider lain yang terkadang less-relevant atau ada juga yang too-much information," ujar Sony AK pada detikINET, Rabu (16/3/2011).

Solusee, yang beralamat di Solusee.com, menggunakan metode Hybrid Information Acquisition Mechanism alias HIAM dalam menghadirkan data-datanya.

Artinya, tutur Sony, sumber data yang digunakan Solusee merupakan gabungan dari data yang dicari sendiri dan data dari penyedia layanan lain. Misalnya, ia menjelaskan, ada data dari Urbanesia, Bukukuning detikcom, Yellow Pages dan lainnya.

"Proses mengumpulkan data adalah yg paling berat, karena bukan crawling, tapi masih semi-otomatis alias manual juga. Jadi misalnya kayak kemaren ada acara Mega Bazar Computer di JCC, jadi kami berburu banyak brosur, kartu nama dan lain lain. Karena di situ banyak informasi yang mau kita masukkan ke Solusee," ujar Sony.

Ke depannya, Sony menuturkan Solusee berencana membuka Application Platform Interface (API). Harapannya ini akan membuka pintu bagi pengembang aplikasi BlackBerry, iPhone atau Android untuk memanfaatkan Solusee.

Selain itu, Sony juga mengaku ada rencana menambahkan fitur sosial di dalam Solusee. Ia tak mau merinci lebih jauh fitur apa itu, namun kemungkinan tidak akan berupa 'pencarian data dari jejaring sosial'.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates