-->

Jumat, 18 Maret 2011

Ingin Sembuhkan Flu? Banyak Minum Air Putih

Gaya hidup sehari-hari menentukan kualitas kesehatan. Tak hanya konsumsi makanan bergizi seimbang, gaya hidup yang menunjang kesehatan juga meliputi pikiran sehat, istirahat cukup, olahraga teratur, lingkungan bersih, dan konsumsi cairan yang cukup.

Dari sekian banyak faktor penunjang gaya hidup sehat, banyak yang abai terhadap keteraturan konsumsi air putih. Padahal, banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan mengonsumi air putih secara teratur.

Penyanyi dan penulis novel, Dewi Lestari, merasakan betul manfaat konsumsi air putih secara teratur. Tak hanya untuk kecantikan dan kebugaran, tapi juga untuk pengobatan, seperti meredakan flu. Dewi percaya, kekurangan air (dehidrasi) bisa menjadi awal penyebab timbulnya penyakit.

Untuk itu, Dewi membiasakan konsumsi air putih dua gelas setiap dua jam sekali. “Khasiatnya benar-benar bisa dirasakan sebagai pengobatan. Bahkan saat flu, dengan air putih bisa cepat reda,” katanya saat ditemui di XXI Ballroom, Djakarta Theatre, Jakarta.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Siloam, Samuel Oetoro MS, Sp.GK, membenarkan apa yang disampaikan Dewi. Saat flu, biasanya hidung tersumbat akibat lendir terlalu kental. Dalam kondisi ini asupan air putih yang cukup akan membantu mengencerkan lendir.

“Pada saat banyak minum, lendir yang mengganggu saat flu akan lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan, sehingga mampu meredakan flu yang mengganggu pernapasan,” katanya.

Selain meredakan flu, konsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari juga akan memperlancar sistem pencernaan. Artinya, konsumsi air putih secara teratur dapat mencegah berbagai masalah pencernaan seperti maag dan sembelit. Pembakaran kalori pun akan berjalan efisien.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates