-->

Jumat, 18 Maret 2011

Kolin dan Kalsium Pada Susu

TAK salah memang bila orang tua membiasakan anak untuk meminum susu karena kandungan gizinya yang sangat dibutuhkan bagi proses pertumbuhan seorang anak.

Susu mengandung kelengkapan lima gizi utama, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Namun, ada dua zat lain dalam susu yang sebenarnya juga dibutuhkan anak yakni kolin dan kalsium.

1.Kolin
Kolin adalah nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi pembelajaran atau memori. Nutrisi ini merupakan bahan dasar untuk membuat zat kimia pembentuk memori otak yang dikenal dengan acetylkolin. Senyawa kimia itu berperan pada proses penyimpanan dan pemanggilan kembali memori, perhatian (atensi), maupun konsentrasi seseorang. Makin banyak acetylkolin yang disintesis, makin banyak pula yang dilepaskan ke dalam syaraf sehingga proses memori dan atensi pun meningkat.

Sumber pangan yang secara alami mengandung kolin tertinggi adalah telur, diikuti oleh susu dan daging.

2. Kalsium
Kalsium, merupakan salah satu mineral yang memegang peran penting pada berbagai proses yang terjadi dalam tubuh. Mineral ini berguna untuk membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi agar tetap sehat, mencegah osteoporosis, membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka, menghantarkan sinyal ke dalam sel-sel saraf, mengatur kontraksi otot, membantu transport ion melalui membran, serta sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim. Kurangnya konsumsi kalsium dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan, tulang rapuh, dan kejang otot. Selain itu, mudah terjadi infeksi saluran kemih. Rendahnya kadar kalsium juga mempengaruhi penyerapan mineral lain seperti Fe, Zn, dan Mg.

Melihat hal itulah akhirnya, Garuda Food berinisiatif meluncurkan produk susu bagi anak-anak dengan nama brand Clevo dengan memperkaya kandungan kolin dan kalsiumnya. Saat ditemui seusai acara kunjungan 30 finalis Jagoan Cerdas Indonesia 2011 bersama Clevo ke Wisma Garuda Food, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (10/3), Marketing Manajer Garuda Food Martinus Rezal bertutur, "Pada dasarnya susu itu memang sudah sehat dengan berbagai nutrisi yang dikandung. Nah, kami mencoba untuk melakukan pengayaan dari bahan-bahan yang memang dibutuhkan anak. Untuk itu, kami pun memperkaya kalsium dan kolin untuk produk ini supaya semakin sehat untuk anak-anak."

Ia kemudian menambahkan Clevo membantu anak Indonesia untuk berprestasi dengan asupan gizi yang cukup karena mengandung kalsium dan kolin yang tinggi. Kolin berperan penting dalam perkembangan fungsi otak terutama dalam perkembangan memori dan kecerdasan, sedangkan kalsium berperan penting dalam pertumbuhan anak.

"Dalam pertumbuhannya, tak hanya untuk tulang, kalsium juga dibutuhkan untuk perkembangan bagian tubuh lainnya. Dua komponen, kolin dan kalsium, kami perkaya lagi sehingga jumlahnya boleh dibilang lebih daripada susu-susu lainnya."

Martinus mengaku respons konsumen pun cukup baik. "Memang awalnya, proses membangun brand ini cukup sulit. Karena terus terang selama ini sudah banyak produsen yang memang lebih lama memproduksi susu. Sementara itu, kami pemain baru dan lebih dikenal memproduksi makanan ringan untuk anak, tapi kami berusaha konsisten dalam mengedukasi anak-anak agar menyukai susu, terlebih yang kaya akan kolin dan kalsium," ujarnya serya mengatakan bahwa sejaun ini rasa susu yang menjadi idola anak-anak adalah rasa cokelat dan stroberi. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates