-->

Jumat, 18 Maret 2011

Sayuran Cegah Kematian akibat Kanker

SETELAH dilakukan penelitian mendalam, diketahui bahwa bahan kimia yang terdapat pada sayuran, terutama yang berwarna oranye dan hijau tua bisa membantu mencegah kematian akibat penyakit jantung dan kanker.

Sebelumnya, memang diketahui bahwa kadar alpha-karoten yang tinggi dalam pembuluh darah bisa mengurangi risiko kematian hingga lebih dari sepertiganya jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskuler selama 14 tahun terakhir.

Zat antioksidan ini secara kimiawi serupa dengan beta koroten yang lebih dikenal dan bisa ditemukan pada beberapa sayuran, terutama wortel, kentang manis, brokoli, dan bayam. Dalam sebuah penelitian, dilakukan analisis dengan mengaitkan zat tersebut dan risiko lebih rendah meninggal akibat penyakit jantung dan kanker.

Memang selama ini beta-karoten lebih dikenal sebagai salah satu zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Meski terdapat pada beberapa jenis sayur, zat ini lebih populer dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Meski begitu, para ilmuwan memercayai bahwa zat alpha-karoten lebih efektif ketimbang beta karoten karena mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di hati, otak, dan kulit. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates