-->

Rabu, 30 Maret 2011

Plus Minus Mengobati Jerawat dengan Vitamin

Vera Farah Bararah - detikHealth
Jakarta, Jerawat merupakan masalah kulit yang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Salah satu cara untuk mengurangi masalah jerawat ini adalah dengan menggunakan vitamin.

Ketidakseimbangan hormonal merupakan penyebab utama dari jerawat, karenanya ibu hamil dan saat menstruasi seringkali dihinggapi masalah kulit ini. Masalah jerawat umumnya mencakup komedo, pustula (jerawat), seborrhea (kulit merah bersisik), papula, nodul dan luka dalam akibat penyakit kulit tertentu.

Beberapa orang menggunakan vitamin untuk mengatasinya. Tapi ada beberapa keuntungan dan kerugian dari mengurangi jerawat dengan menggunakan vitamin, seperti dikutip dari Buzzle, Rabu (30/3/2011) yaitu:

Keuntungan mengurangi jerawat dengan vitamin

Dokter ahli umumnya menggunakan vitamin karena pengobatan ini lebih alami dibandingkan perawatan atau terapi lainnya
Asupan vitamin ini juga menjadi tambahan nutrisi bagi tubuh
Perawatan ini tidak menjadi bumerang atau menunjukkan efek samping sehingga lebih aman digunakan


Kekurangan mengurangi jerawat dengan vitamin

Harus dilakukan secara disiplin karena dosis yang diberikan harus tepat dan tidak boleh berlebihan, agar tidak memicu kelebihan kadar vitamin di dalam tubuh.
Umumnya membutuhkan jangka waktu perawatan yang sangat lama


Vitamin yang digunakan untuk mengurangi munculnya jerawat bisa dalam bentuk kapsul, pil, tablet, salep atau krim serta pola makan. Dan vitamin-viamin ini akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel kulit. Vitamin yang digunakan untuk mengurangi jerawat ini adalah:

Vitamin A
Vitamin A biasanya diubah atau dirumuskan menjadi asam vitamin A (Vitamin A acid) atau retinoic acid. Berfungsi mengaktifkan gen di sel-sel kulit yang belum matang atau dikenal sebagai keratinosit dan mengubahnya menjadi dewasa atau matang.

Vitamin C
Vitamin ini berfungsi untuk penyembuhan dan mengurangi radikal bebas yang berada di dalam kulit karena kandungan antioksidannya. Vitamin C ini juga membantu menyembuhkan kulit dengan cepat, mencegah komedo, peradangan dan luka.

Vitamin E
Vitamin E juga diketahui memiliki fungsi yang sangat mirip dan bertindak sebagai antioksidan di kulit, mencegah jaringan parut, pertumbuhan bakteri dan beberapa reaksi di tubuh.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates