-->

Senin, 28 Maret 2011

5 Penyebab Bikin Sulit Konsentrasi

LUPA menaruh kunci, bingung memilih bekerja atau membuka Facebook, atau melamun saat mengobrol, itu semua memang hal yang wajar. Namun, bagaimana bila semua itu malah berlanjut?

Kehilangan fokus sehingga tidak berkonsentrasi sepenuhnya bisa terjadi sehari-hari. Berikut beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya seperti dikutip dari Shine.com:

1. Teknologi berlebihan
BlackBerry, iPad, iPhone, dan netbook, semua benda itu tampaknya bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. Tak heran bila Anda sulit untuk fokus. Otak Anda dapat bertindak sebagai sekretaris membuat diri Anda terorganisasi. Namun, semakin banyak yang coba dilakukan, semakin sulit bagi Anda untuk tetap fokus pada setiap tugas. Jadi, ada baiknya kita rehat sejenak dari televisi, internet, e-mail, dan ponsel, setidaknya setelah makan malam atau sebelum beranjak tidur.

2. Kurang tidur
Jika Anda terbiasa tidur kurang dari 7 jam setiap harinya setiap malam, tak mengherankan bila Anda menjadi mudah tersinggung, sulit memusatkan pikiran, dan berujung pada kesulitan mengelola tugas-tugas sehari-hari. Itu reaksi yang normal dan solisinya tentu dengan mendapatkan istirahat yang cukup.

3. Kurang puas terhadap pekerjaan
Tak sedikit kok orang yang merasa kurang bahagia di tempat mereka bekerja. Lingkungan kerja yang tidak nyaman atau proyek membosankan membuat Anda sulit untuk fokus, itu normal. Tetapi jika Anda menyadari bahwa secara konsisten tidak dapat menyelesaikan tugas, Anda mungkin memerlukan bantuan medis atau pekerjaan baru.

4. Terlalu stres
Stres berperan besar pada konsentrasi. Stres menyebabkan kurangnya perhatian yang, pada gilirannya bisa berdampak negatif pada pekerjaan, hubungan, atau akademisi Anda. Bila merasa stress, cobalah meditasi. Para peneliti di University of Wisconsin-Madison menemukan bahwa teknik relaksasi dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menangkal gangguan.

5. Jarang olahraga
Terbukti bahwa olahraga teratur dapat menjaga ketajaman pikiran dan meningkatkan kapasitas memori. Begerak hingga berkeringat juga dapat membantu Anda membakar energi ekstra yang menyebabkan Anda merasa gelisah dan dapat membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. (Pri/OL-06)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates