-->

Sabtu, 19 Maret 2011

7 Cara Agar Vitamin C Efektif Diserap Tubuh

INILAH.COM, Jakarta - Menentukan berapa banyak vitamin C yang harus dikonsumsi seringkali sulit, karena beberapa ahli mengatakan bahwa idealnya untuk orang dewasa yang sehat adalah 500-1000mg/hari. Karena vitamin C larut dalam air, sedikit berlebihan tidak masalah.

Sumber Vitamin C terbaik adalah buah citrus, berry, sayuran hijau dan tomat. Tapi apakah Anda tahu bagaimana penyerapannya di dalam tubuh?

Seperti dikutip dari e-how ada tujuh cara agar penyerapannya baik:

1. Komsumsilah vitamin C dalam bentuk cair. Ini bertujuan agar sistem jaringan dan darah bisa menyerap vitamin C empat kali lebih cepat.

Bentuk cair juga tidak beracun, sehingga dapat ditolerir bagi Anda yang mempunyai perut sensitif.

2. Bagilah dosisnya secara benar. Dosis yang lebih sering akan memberikan jumlah yang terus menerus bagi tubuh.
Misalnya dosis 500 mg perhari dapat dibagi menjadi 5x (100mg/konsumsi). Dosis yang tinggi dapat menyebabkan diare dan iritasi pada saluran pencernaan.

3. Konsumsilah vitamin C dengan buah-buahanlain dan sayuran. Ini akan meningkatkan tingkat penyerapan vitamin C

4. Konsumsilah vitamin C bersamaan dengan vitamin A dan vitamin E. Vitamin itu mampu bekerja secara sinergis. Artinya efek yang dihasilkan akan jauh lebih maksimal dibandingkan bila dikonsumsi secara terpisah.

5. Berhenti atau kurangi penggunaan rokok. Tanpa Anda sadari rokok bisa menghabiskan vitamin C dalam tubuh.

6. Banyak obat-obatan yang mengurangi tingkat vitamin C dalam tubuh. Misalnya bila Anda wanita yang menggunakan alat kontrasepsi oral (jenis yang diminum), streroid, antialergi, antidepresi, Anda perlu mengkonsumsi lebih banyak vitamin C.

7. Kurangi konsumsi alkohol bila Anda peminum berat. Karena alkohol jelas akan menghabiskan kandungan vitamin C dalam tubuh. [mor]

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates