-->

Kamis, 17 Maret 2011

Rumus Baku Menulis 5 W + 1 H

VIVAnews – Menulis itu gampang-gampang susah. Susah karena biasanya bingung bagaimana harus memulai. Bingung apa yang akan diceritakan. Rumus dasar yang tak lekang dimakan waktu soal tulis menulis ini adalah 5W + 1 H ( What, Who, When, Where, Why, dan How).

Rumus itu berlaku universal dan mencakup hal-hal dasar yang harus dipenuhi untuk kelengkapan sebuah tulisan apapun, tak melulu berita.

WHAT adalah apa yang ingin kita tulis. Tema apa yang ingin kita ungkapkan dalam tulisan. Bisa soal jalanan berlubang di sekitar rumah yang tak kunjung diperbaiki, limbah sampah yang tidak ditangani dengan baik hingga mengganggu lingkungan, atau soal elpiji yang belakangan sering meledak. Apapun yang menarik perhatian Anda dan dan anda pikir layak diketahui orang lain.

Apa yang ingin kita tulis ini menjadi landasan untuk menentukan W yang lainnya. WHO adalah siapa tokoh yang terlibat dalam topik yang kita tulis. Bila si tokoh tak cukup dikenal oleh pembaca, maka kewajiban kita untuk “memperkenalkan” si tokoh dengan menjelaskan siapa dan apa perannya dalam peristiwa yang kita tulis.

W yang ketiga adalah WHEN adalah waktu kejadian dari peristiwa yang kita ceritakan (what). Kemudian W keempat WHERE, yaitu tempat dimana peristiwa terjadi. W terakhir adalah WHY adalah mengapa terjadi peristiwa. Latar belakang dari peristiwa inilah yang biasanya menjadi bagian paling menarik dari peristiwa.

Satu satunya H adalah HOW,yaitu menerangkan bagaimana peristiwa terjadi, proses, dan kronologi. Ini unsur-unsur dasar yang harus dipenuhi agar sebuah tulisan bisa disebut lengkap dan informatif.

Jangan lupa soal akurasi atau ketepatan data dalam memenuhi unsur-unsur tulisan tersebut. Hal ini sangat penting untuk menghindari terjadi kesalahpahaman akibat informasi yang kurang akurat.

Selanjutnya tinggal masalah detil, tata bahasa dan soal pilihan kata, yang bisa dipelajari dalam tahap berikutnya.
• VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates