-->

Minggu, 13 Maret 2011

Menpen Malaysia Buka KTT ANTARA-Bernama

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Dato’ Sri Utama Dr Rais Yatim, membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama Kantor Berita Bernama dan ANTARA di Kuala Lumpur, Sabtu (12/3/2011) sore.

Diplomasi yang paling kekal adalah hubungan antarrakyat, people-to-people. Bernama dan ANTARA adalah pihak-pihak yang akan meneruskan perjuangan. Menteri Penerangan Malaysia, Dato Sri Utama Dr Rais Yatim

Acara yang berlangsung di Hotel Royale Ghulan itu diikuti puluhan delegasi dari kedua kantor berita serta wartawan dan pemerhati pers dari Indonesia dan Malaysia.

Antara lain, Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Saiful Hadi, Ketua Dewan Pengawas ANTARA, Henri Subiakto, Ketua Bernama Dato’ Abdul Rahman Sulaiman, dan Manajer Umum Bernama, Dato’ Hasnul Hasan.

Pembukaan KTT pertama juga dihadiri Wakil Duta Besar RI untuk Malaysia Mulya Wirana, mantan Ketua Umum PWI Sofyan Lubis serta Sekjen Kementerian Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia, Dato’ Sri Kamaruddin Siarap.

Dr Rais Yatim mengatakan, kegiatan bersama Bernama dan ANTARA ini merupakan tindak lanjut dari hasil kesepakatan Pertemuan Komite Bersama untuk Informasi dan Komunikasi (JCCM) di Kuala Lumpur pada 2-4 Mei 2010.

KTT pertama yang menjadi bagian dari upaya kedua kantor berita untuk memperkuat fondasi hubungan kedua negara dan bangsa serumpun lewat diplomasi media ini diharapkan memperkuat kerja sama nyata yang berkelanjutan.

"Diplomasi yang paling kekal adalah hubungan antarrakyat, people-to-people. Bernama dan ANTARA adalah pihak-pihak yang akan meneruskan perjuangan," katanya.

Pada acara itu, Dr Rais Yatim dan Mulya Wirana yang hadir mewakili Dubes RI untuk Malaysia Da’i Bachtiar meluncurkan penerbitan Majalah Sinergi.

Majalah yang terbit empat kali dalam setahun sebagai hasil kerja sama kantor berita Bernama dan ANTARA ini memuat berbagai berita dan artikel yang mencerahkan pemahaman publik tentang kemajuan hubungan kedua negara.

Setelah acara pembukaan, para delegasi akan melanjutkan dialog guna merumuskan sejumlah poin kerja sama konkrit kedua pihak di sebuah resor ternama Malaysia di Melaka pada Minggu dan Senin.

Di antara poin kerja sama tersebut adalah pertukaran wartawan tulis dan foto, pengambilan foto obyek-obyek menarik oleh wartawan foto Malaysia dan Indonesia di Pulau Kalimantan, penerbitan berkesinambungan Majalah Sinergi, serta penyelenggaraan KTT kedua Bernama dan ANTARA di Indonesia.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates