-->

Minggu, 13 Maret 2011

Anjing Liar Pembantai 50 Ternak Dibunuh

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com — Sebanyak 50 ternak kambing milik warga di Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, mati dimangsa anjing liar sejak dua bulan terakhir. Sebagian besar kambing milik warga yang dimangsa anjing liar ini adalah hewan ternak yang berada di kandang ladang yang letaknya jauh dari permukiman penduduk.

Selain pada tubuh kambing ditemukan bekas luka gigitan di leher, isi perut juga hilang. Sementara sisa badannya ditinggalkan begitu saja di dekat kandang.

Menggunakan peralatan seadanya, puluhan warga melakukan perburuan bersama-sama melibatkan tim SAR, aparat kepolisian, serta Koramil Girisubo.

"Perburuan sengaja kami lakukan di kawasan perbukitan Gunung Batur, yang memang selama ini diketahui menjadi sarang kawanan anjing liar," kata Sayat, Kepala Desa Balong, Sabtu (12/3/2011) siang.

Meski hanya menggunakan senapan angin kaliber 4,5 mm dan sabit, tak menyurutkan semangat warga dalam menyusuri perbukitan Gunung Batur yang terjal.

Upaya perburuan tak sia-sia. Setelah beberapa hari sebelumnya berhasil membunuh sembilan ekor anjing liar, kali ini mendapatkan satu ekor anjing berukuran besar.

Dilihat dari bentuk tubuhnya, anjing liar ini mirip serigala dengan warna abu-abu. "Saya berharap ada perhatian khusus dari dinas terkait dalam menangani masalah ini, mengingat di lokasi ini masih ada kawanan anjing liar yang jumlahnya puluhan ekor, yang dikhawatirkan akan menyerang ternak warga," harap Sayat.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates