-->

Sabtu, 12 Maret 2011

Penetrasi Internet di Desa, Lewat Kecamatan

VIVAnews - Selain menyediakan akses telekomunikasi, salah satu target Departemen Komunikasi dan Informatika di tahun-tahun mendatang adalah menghadirkan akses internet ke pelosok Nusantara.

“Untuk menciptakan penetrasi internet di 100 desa, langkah-langkahnya akan dibarengi dengan desa berdering,” kata Basuki Yusuf Iskandar, Sekjen Depkominfo RI di Jakarta, 29 Desember 2009. “Keduanya sama-sama untuk percobaan. Hanya saja implementasinya berbeda dengan desa berdering,” ucapnya.

Basuki menyebutkan, skema yang akan diterapkan adalah lewat tender. Adapun tender itu sendiri sudah dilakukan bersamaan dengan tender 100 desa berdering.

“Khusus internet, implementasinya akan dimulai dari skala kecamatan,” kata Basuki. “Alasannya, kesiapan sosial masyarakat di daerah untuk internet masih rendah,” ucap Basuki.

Menurut Basuki, kebutuhan komunikasi tentu masih ada, bahkan mungkin untuk voice lebih siap dibandingkan internet. “Akan tetapi, sosialisasi dari kota ke desa lama, daya serap desa ke kota juga lama,” kata Basuki. “Makanya, kita masuk dari kecamatan terlebih dulu biar masyarakat aware dulu, nggak kaget menerima internet. Intinya, kita ciptakan penetrasinya terlebih dulu,” ucapnya.
• VIVAnews

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates