-->

Selasa, 31 Agustus 2010

Pilih Makanan Mengenyangkan Selama Ramadan


Kunci agar puasa Anda berjalan lancar adalah kebutuhan nutrisi yang terpenuhi, baik saat makan sahur maupun berbuka. Nutrisi yang terpenuhi akan membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak terlalu merasa lapar saat berpuasa.

Tubuh membutuhkan protein, vitamin, mineral dan juga yang tak kalah penting adalah kalsium. Alasan itulah yang membuat Anda harus lebih pintar dalam memilih makanan. Pilihlah makanan yang mengenyangkan dan tidak membuat gula darah meningkat drastis, yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

"Makanan yang membuat kenyang dalam waktu lama adalah makanan yang membutuhkan waktu untuk proses mencernanya. Makanan tersebut yaitu, karbohidrat kompleks, contohnya sayur, buah, kacang-kacangan, roti gandum, dan pasta gandum," kata Yesim Celik, ahli gizi dari Memorial Sisli Hospital, Turki seperti dikutip dari Todayszaman.com

Celik juga memperingatkan, untuk menghindari penurunan kadar gula dalam darah secara drastis yang memicu rasa lapar, sebaiknya konsumsi buah secara langsung. Itu lebih daripada mengolahnya menjadi jus buah. Agar tubuh lebih fit, minumlah segelas susu saat berbuka puasa dan sahur.

Saat berbuka puasa, jadikan menu sup sebagai andalan. Biasanya sup terdiri dari sayur berserat dan protein dalam bentuk daging atau pun ayam, yang sangat baik untuk sistem pencernaan Anda. Sebaiknya, Anda baru mulai makan besar 30 menit setelah mengonsumsi takjil agar perut tidak terasa begah.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates