-->

Jumat, 27 Agustus 2010

Tujuh Langkah Praktis Mulai Detoks

DETOKSIFIKASI telah dikenal berkhasiat meningkatkan kesehatan dengan membersihkan tubuh dari racun. Sebenarnya, Anda tak perlu susah-susah pergi ke rumah sakit ataupun mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan detoks karena ada cara simpel yang dapat Anda lalukan sendiri untuk membersihkan tubuh dengan mengubah beberapa kebiasaan Anda.

Langkah 1
Singkirkan berbagai jenis makanan olahan, seperti biskuit, keripik, kue kering, dan permen dari dapur Anda. Begitu pula dengan saus tomat, sup makanan kalengan, sereal olahan, makanan beku, dan yoghurt dengan pemanis.

Langkah 2
Buatlah menu detoks yang terdiri dari buah-buahan segar, sayur, dan daging tanpa lemak yakni ayam tanpa kulit dan ikan. Bila memungkinkan, pilihlah makanan organik untuk membatasi tubuh dari paparan pestisida dan antiobiotik. Dan, sebagai asupan pokok, makanlah porsi kecil nasi merah atau kentang.

Langkah 3
Hentikan konsumsi kafein dan alkohol dan beralih pada air putih atau teh herbal. Bila ingin menambahkan rasa, campurkan minuman Anda dengan lemon, jeruk nipis, timun, atau mint.

Langkah 4
Hindari penggunaan gula rafinasi, roti yang mengandung tepung putih, gula, dan pengawet. Batasi asupan gula dan menggantinya dengan gula tebu atau madu.

Langkah 5
Beralihlah ke produk pembersih dan kecantikan berbahan dasar alami. Pilihlah produk yang berbahan dasar cuka, baking soda, jeruk, dan tea tree oil atau bahan nabati lainnya ketimbang produk dengan bahan kimia. Begitu pula pada bahan untuk detergen, pembersih lantai, sabun pencuci piring, sabun mandi, deodoran, pasta gigi, dan alat kosmetik.

Langkah 6
Lakukan olahraga ringan selama proses detoksifikasi, seperti yoga,tai chi, atau jalan-jalan ringan. Anda mungkin akan menyadari tubuh Anda akan terasa lesu pada beberapa hari pertama. Itu karena tubuh tengah menyesuaikan diri dengan gaya hidup baru Anda, terlebih tanpa gula dan kafein.

Langkah 7
Hentikan sementara aktivitas sosial Anda selama proses detoksifikasi. Lakukan program detoks di saat Anda tak perlu berperjalanan jauh atau mesti menghadapi pekerjaan yang menyita waktu serta pikiran. Fokuskan diri Anda pada kesehatan sendiri dengan melakukan kegiatan santai yang disukai seperti membaca, menggambar, atau mendengarkan musik untuk merelaksasikan tubuh.

Akan tetapi, perlu diingat, detoks memang dapat Anda terapkan selama Anda mau, tapi usahakan tetap memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya yakni 1.200 kalori untuk perempuan dan 1.500 untuk pria. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates