-->

Jumat, 27 Agustus 2010

Migrain Terkait dengan Penyakit Jantung


PENDERITA migrain yang disertai gangguan pada indra penglihatan berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung atau stroke.

Selain itu, risiko kematian dari penyakit 21 persen lebih tinggi pada penderita migrain disertai aura yakni ganguan sebelum atau selama migrain ketimbang mereka yang tak mengalaminya. Menurut hasil analisis, orang yang menderita migrain disertai aura, 27 persen berisiko lebih besar meninggal karena penyakit kardiovaskular.

Ketika kematian akibat penyakit kardiovaskular dianalisis, terdapat risiko kematian sebesar 28 persen akibat penjakit jantung dan 40 persen risiko mengalami stroke bagi penderita migrain disertai aura. Namun, kepastian risiko itu bagi penderita migrain terbilang belum dapat dipastikan. Di sisi lain, para peneliti menemukan bahwa risiko itu tak berlaku bagi penderita migrain yang tak disertai aura.

Hasil studi ini dimuat secara daring di British Medical Journal (BMJ) dengan mengumpulkan data sebanyak 18.725 pria dan perempuan Islandia yang lahir pada 1907-1935.

Pada awal penelitian, para partisipan yang rata-rata berusia 53 tahun diminta mengisi kuesioner tentang kesehatan mereka dan menjalani serangkaian tes fisik, termasuk tes darah. Kesehatan mereka lalu dipantau selama 40 tahun guna mengatahui dampak dari penyakit migrain bagi para penderitanya.

Tim peneliti yang diketuai Larus Gudmundsson dari Universitas Islandia mencatat bahwa mereka yang kerap mengalami nyeri migrain dengan aura memiliki risiko tertinggi. (Pri/OL-06)


Sumber
MediaIndonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates