-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Makanan Pencegah Munculnya Kerutan Kulit


TIDAK suka kehadiran kerutan di wajah? Tak hanya perempuan, pria pun biasanya tak suka dengan kerutan yang muncul di dagu, garis senyum, dan dahi.

Kini memang telah banyak metode yang dapat menyamarkan bahkan menghilangkan kerutan mulai dari krim antikerut hingga operasi. Semua itu bertujuan meremajakan struktur kulit dengan menjaga elastisitas dan kolagen pada kulit sehingga terlihat halus.

Kerutan sebenarnya disebabkan banyak faktor seperti paparan sinar matahari, aktivitas merokok, penuaan, konsumsi makanan berkadar lemak tinggi dan berkarbohidrat. Semua itu menyebabkan pengikisan pada kolagen dan elastin pada kulit yang sebenarnya berfungsi menjaga agar kehalusan dan elastisitas kulit.

Ketika beberapa dermatolog menganalisis hubungan antara menu makan dan kulit dari 453 orang asal Australia, Yunani, dan Swedia, ditemukan bahwa menu makanan sehat dapat meminimalkan kerusakan kulit yang disebabkan aktivitas merokok ataupun kulit yang terkena paparan sinar matahari.

Makanan yang sebaiknya Anda konsumsi sehari-hari guna menjaga keremajaan kulit yakni minyak zaitun, ikan, susu rendah lemak, air dan the, sayur dan buah, telut, serta kacang-kacangan. Sementara itu, makanan yang sebaiknya dihindari yaitu mentega, daging merah, kue basah dan kering, minuman soda, susu tinggi lemak, margarin, serta kentang.

Berikut empat cara diet sehat yang baik untuk diterapkan sehari-hari untuk menjaga keremajaan kulit dan menghindarkannya dari kerutan.

1. Masukkan lebih banyak buah dan sayur di piring
Ketika meneliti menu dan kerutan pada kulit sebanyak 4,025 wanita paruh baya, diketahui bahwa makanan yang kaya akan vitamin C mengurangi risiko timbulnya kerutan hingga 36 persen. Vitamin yang juga merupakan sumber antioksidan ini bekerja dengan melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kolagen.

Meningkatkan jumlah asupan vitamin C mudah saja dilakukan. Anda dapat meminum jus jeruk saat sarapan, cabai merah dan anggur pada saat makan siang, dan brokoli untuk makan malam.

2. Pesanlah ikan saat makan di luar
Omega 3 yang terdapat pada ikan mengandung asam lemak dapat mengurangi risiko penuaan dini hingga 25 persen. Selain ikan, kenari, minyak canola, kapsul minyak ikan, dan biji rami juga kaya akan omega 3.

3. Minum cokelat bebas gula
Dalam sebuah penelitian, zat antioksidan bernama epicatechin dan catechin yang terkandung dalam cokelat diketahui dapat melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari serta memperlancar sirkulasi sel-sel kulit.

4. Kurangi roti putih dan gula
Setiap 50 gram asupan roti dan gula yang mengandung karbohidrat tinggi meningkatkan risiko terjadinya kerutan hingga 28 persen. Molekul yang terbuat dari gula dan protein dapat menyerang kolagen dan elastin sehingga kulit akan terlihat kusam dan berkeriput. (Pri/OL-08)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates