-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Obat Anti-HIV PIE12-trimer Cegah HIV

PENELITI di Universitas Utah telah mengembangkan obat anti-HIV baru yang diperkirakan akan dapat mencegah HIV menyerang manusia. Menurut rencana, uji coba obat itu terhadap manusia akan digelar sekitar dua atau tiga tahun lagi.

Obat yang bernama PIE12-trimer ini cocok digunakan sebagai mikrobisida vagina untuk mencegah infeksi HIV, kata para peneliti yang dimuat dalam edisi daring Journal of Virology.

PIE12-trimer didesain dengan kapasitor resistansi yang unik yang menciptakan daya tahan yang kuat dalam melawan virus yang kebal terhadap obat. PIE12-trimer terdiri atas tiga kandungan D-peptides (PIE12) yang saling merekat dalam mengeblok 'kantong' pada permukaan HIV yang digunakan untuk virus itu supaya dapat mesuk ke sel.

Menurut Michael S Kay, profesor bidang biokimia di Universitas Utah, uji coba di laboratorium ini difokuskan pada pencegahan penyebaran HIV di Afrika, negara yang menurut Organisasi Kesehatan Dunia memiliki jumlah pasien HIV terbanyak yakni 2/3 dari penduduk dunia atau sekitar 33 juta orang.

"Kami percaya PIE12-trimer akan dapat menjadi sebuah senjata baru guna melawan HIV/AIDS," kata Kay. "Karena kemampuannya yang dapat mencegah virus menginfeksi sel tubuh, PIE12-trimer memiliki potensi sebagai mikrobisida yang melindungi sesorang dari HIV sekaligus sebagai pengobatan bagi penderita HIV. Ia menerangkan HIV memang merupakan virus yang cepat kebal terhadap suatu obat sehingga diperlukan penelitian secara rutin untuk mengembangkan obat baru untuk selalu memerangi HIV. (Pri/OL-06)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates