-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

6 Hal Perusak Memori


MEMORI merupakan keajaiban dari struktur biologi manusia. Memori sangat penting bagi cara hidup dan sistem pertahanan manusia. Tetapi, memori sangat kompleks sehingga tidak bisa dipahami sepenuhnya. Sebagai suatu proses psikologi, penyimpanan dan pemunculan kembali informasi tidaklah sempurna dan juga berisiko terhadap faktor-faktor yang bersifat merusak atau yang dikenal dengan memory killers. Berikut beberapa memory killers yang perlu Anda hindari seperti diuraikan di situs foxnews:

Merokok

Walaupun seringkali tidak disadari, merokok bisa merusak memori. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perokok, khususnya yang beruisa setengah baya atau lebih tua, menunjukkan peningkatan penurunan baik memori dan kemampuan kognitif secara umum dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Walaupun faktor-faktor lain termasuk gaya hidup dari perokok ikut mempengaruhi ingatan (misalnya kurangnya aktivitas fisik), bukti merokok ini masih sangat meyakinkan.

Intinya, berhentilah merokok jika Anda masih menghargai memori Anda. Mungkin Anda berpikir:"bukankah nikotin berfungsi meningkatkan memori?" itu benar, Dampak akut dari nikotin bisa memperbaiki area tertentu di otak yang berkaitan dengan ingatan jangka pendek (tetapi hanya bersifat sementara). Dalam jangka panjang, merokok bisa menyebabkan penurunan mental.

Kekurangan nutrisi

Sama seperti mesin lainnya, otak juga memerlukan bahan bakar, khususnya glukosa. Jika Anda kekurangan bahan bakar, maka kekuatan otak pun akan melemah. Ini bukanlah hal yang mengejutkan. Anda pasti sudah sering merasa begitu bodoh dan pikiran kacau saat kelelahan atau kelaparan.

Selain kekurangan nutrisi, masalah yang lebih serius bisa terjadi jika Anda kekurangan thiamin (vitamin B1). Anda bisa mengalami sindrom Korsakoff. Sindrom ini biasanya disebabkan oleh kecanduan alkohol kronis dan kekurangan nutrisi. Sindrom ini bisa mengakibatkan amnesia termasuk confabulation (suatu kondisi dimana pasien membuat cerita fiktif masa lalu dan menganggapnya sebagai kebenaran untuk mengisi rentang memori setelah kondisi medis tertentu seperti pingsan).

Herpes

Herpes merupakan salah satu dari beberapa kelainan (seperti penyakit alzheimer, stroke atau depresi) yang bisa juga menjadi perusak memori. Walaupun sebagian besar kasus herpes tidak akan membuat Anda lupa akan hal-hal kecil seperti siapa nama teman Anda atau di mana Anda telah meletakkan kuci, tetapi infeksi yang lebih serius bisa mengakibatkan kehilangan ingatan parah.

Infesi herpes yang serius ini dikenal dengan herpes simplex encephalitis. Infeksi ini ditandai dengan kehilangan memori akut yang bisa diikuti oleh gejala mematikan lainnya. Herpes encephalitis merupakan peradangan di otak . Ini merupakan salah satu dari infeksi paling akut yang menyerang sistem saraf manusia. Untungnya, kasus ini jarang ditemukan, dan hanya muncul jika virus herpes menemukan cara bergerak ke otak manusia melalui saraf wajah.

Mabuk

Bukan lagi rahasia kalau minum satu malam saja bisa menyebabkan kehilangan memori akut. Sedangakn mabuk, bisa merusak memori harian pada orang dewasa muda dan bahkan akan berpengaruh lebih parah lagi di usia selanjutnya. Walaupun masih diperlukan studi panjang untuk mengetahui detail lebih lanjut, pesan pentinynya sudah jelas: jika harus minum, tidak perlu sampai mabuk.

Hipnotis

Hal-hal yang dilakukan di bawah pengaruh hipnotis cenderung akan dilupakan. Fenomena ini dikenal dengan nama amnesia post-hypnotic. Ini hanya terjadi pada orang-orang yang dikondisikan kepada satu ide bahwa mereka akan melupakan semua kejadian yang terjadi di bawah hipnotis. Akibatnya, hanya bersifat sementara, karena semua kejadian bisa diingat kembali dengan memberikan kunci tertentu. Di sisi lain, hipnotis kadang-kadang juga bisa digunakan untuk mengembalikan ingatan orang-orang yang lupa ingatan.

Peristiwa yang penuh tekanan

Psikoanalisis berdasar pada satu ide: ketika sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi, pikiran akan menggenggam memori tersebut dan memaksanya ke sudut yang tidak bisa diakses. Walaupun tidak bisa disangkal kalau kejadian yang tidak menyenangkan bisa memicu represi atau penindasan. Memori dari hasil represi bersifat otentik dan mempunyai implikasi besar, khususnya yang berkaitan dengan hukum.

Jangan lupakan aku

Hidup itu indah dan sayang untuk dilupakan: ciuman pertama Anda, mobil pertama Anda, perjalanan pertama Anda ke tempat baru, ingatlah semuanya. Hindari semua memory killers maka Anda akan melihat kalau semua memori berharga Anda akan tetap terjaga.



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates