-->

Selasa, 31 Agustus 2010

Kulit Melepuh Gara-gara Getah Tanaman


Jangan anggap remeh pelindung tubuh saat berkebun. Getah tanaman berpadu paparan sinar matahari yang menempel di kulit bisa memicu alergindi sekujur tubuh.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, tubuh Jo Miles, 48, melepuh di seluruh tubuhnya setelah bersih-bersih di kebun ubi seluas tiga hektar miliknya. Kala itu, ia sengaja tak memakai pelindung tubuh lantaran cuaca sangat panas.

Tanpa sadar, ia melakukan kontak dengan getah tanaman ubi yang telah dipangkas untuk pakan ternak. Terpaan sinar matahari yang menyengat membuat kulitnya muncul bercak-bercak merah. Namun, ia acuh.

Ia mulai panik ketika bercak meradang ke seluruh tubuh dan membentuk bisul-bisul yang menyimpan air. Rasa gatal dan sakit juga semakin menyiksa seiring bisul yang kian menyebar di seluruh lapisan kulit. Melepuh dan menyakitkan.

"Aku bangun tidur dua hari kemudian dan semua tubuh telah melepuh dan semakin buruk," kata wanita asal Surlingham, Norfolk, ini. "Itu sangat menyakitkan aku tidak bisa menggerakkan tangan dan mengubah gigi di mobil karena kesakitan."

"Aku segera pergi ke klinik dan mengonsmsi beberapa tablet dan mereka bilang aku harus pergi ke dokter. Mereka mengirim saya ke unit dermatologi di Norfolk dan Norwich University Hospital."

Wanita yang berprofesi sebagai desainer grafis ini sebelumnya tak paham tentang efek getah sayuran. Setelah sakit, ia baru paham bahwa getah lobak, wortel dan seledri termasuk daun ubi dapat menyebabkan kondisi yang menyakitkan, yang di dunia medis disebut Phytophotodermatitis.

Getah tanaman-tanaman itu bisa memicu reaksi kimia yang membuat kulit sensitif terhadap cahaya ultraviolet. Hal ini dapat mengakibatkan peradangan dan lecet yang kadang-kadang akan meninggalkan luka. "Aku hanya ingin memperingatkan orang lain bukan hal yang baik untuk memiliki. Mereka bisa menyebabkan luka bakar, dan terasa sakit.”

Guy Barter, pakar tanaman untuk Royal Society Hortikultura, menyarankan agar menggunakan pelindung tubuh saat berkebun. "Getah yang terperangkap sinar matahari bisa menyebabkan luka bakar parah pada kulit." (pet)



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates