-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Lima Strategi Lawan Godaan Ngemil

KARENA berpuasa pada siang hari, terkadang orang kerap 'membalas dendam' rasa lapar dengan terus mengunyah makanan apa pun saat berbuka bahkan hingga larut malam sebelum tidur.

Padahal, mengemil pada malam hari selain dapat menambah berat badan, juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Beberapa efek buruk dari mengemil malam di antaranya menyebabkan masalah pada gigi dan pencernaan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba untuk melawan godaan untuk mengemil pada malam hari:

1. Makan makanan berserat
Serat yang mudah larut menstabilkan gula darah dan membantu perut Anda tetap merasa penuh sepanjang malam sehingga Anda tak akan tergoda untuk mengemil. Berbuka puasalah dengan sup sayur atau salad, tak lupa minum banyak air putih di sela-sela makan.

2. Tunda makan malam
Jangan keburu nafsu langsung mengambil piring ketika mendengar suara azan magrib berkumandang. Awali buka puasa dengan minuman hangat dan makanan ringan. Kemudian laksanakan dahulu ibadah salat magrib, barulah Anda makan malam. Menunda waktu makan mengurangi kemungkinan Anda akan merasa lapar lagi saat larut malam.

3. Singkirkan camilan
Setahan apa pun Anda, pasti tetap ada kemungkinan akan mengemil bila Anda menaruh banyak camilan di dekat Anda. Maka itu, singkirkan semua itu sehingga Anda tak tergoda untuk meraihnya.

4. Siapkan camilan sehat
Bila Anda memang merasa masih lapar, persiapkan camilan sehat utuk dimakan pada malam hari sehingga tak akan mengganggu kesehatan Anda.

5. Sibukkan diri
Sibukkan diri Anda dengan berbagai kegiatan yang membutuhkan konsenterasi seperti menggambar dan mengerjakan puzzle. Jika hobi menonton televisi pada malam hari, cari cara sibukkan diri saat jeda iklan, khususnya iklan makanan. Ceklah email Anda, buat perencanaan kegiatan selama seminggu, menelepon sahabat, dan lainnya. (Pri/OL-08)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates