-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

DARI sekian banyak orang yang memulai program olahraga, hanya sepertiga yang terus bertahan hingga akhir tahun pertama. Pendapat ini dikemukakan oleh Vicki Pierson, ACE Certified Personal Trainer. Bagi Anda yang sudah memulai program olahraga dan kesulitan untuk bertahan, tentu saja Anda tidak sendiri. Untuk membantu Anda agar tetap termotivasi, berikut beberapa tip sederhana yang bisa Anda coba:

Menemukan pasangan fitnes: Studi-studi menemukan, berolahraga dengan teman atau keluarga akan membuat Anda lebih patuh terhadap komitmen program latihan Anda. Baik Anda maupun teman Anda akan menjadi penyemangat saat semangat sudah mulai kendor. Maka, carilah teman berjalan atau bermain tenis dengan pasangan.

Tuliskan perkembangan Anda: Ini merupakan cara terbaik untuk melihat perkembangan sekaligus mendorong semangat Anda. Tulislah jadwal Anda, perasaan dan tujuan-tujuan Anda. Pencapaian yang Anda rasakan tentunya akan mendorong Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Buat jadwal latihan: Jadikan olahraga sebagai prioritas. Jadwalkan waktu khusus untuk latihan dan pastikan Anda selalu menepatinya sama seperti aktivitas penting Anda lainnya.

Sediakan pakaian yang nyaman: Pilihlah pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berolahraga. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih baik. Jika pergi ke gym, sediakan pakaian dan sepatu Anda di tas sehari sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa langsung berangkat tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Hiburlah diri Anda: Jika berolahraga sendiri, Anda bisa menghibur diri dengan membawa mp3 player. Jika berolahraga di rumah, hidupkan musik yang bisa membuat Anda lebih semangat.

Hindari kompromi: Jadikan olahraga sebagai sebagai aktivitas wajib, sama seperti menggosok gigi atau pergi bekerja. Dengan cara ini, Anda bisa menjadikan olahraga sebagai kebiasaan.

Membagi waktu saat sibuk: Saat benar-benar terdesak, Anda tidak harus mengerjakan semua latihan bersamaan. Sesi yang lebih pendek tetapi dilakakan lebih sering juga akan bermanfaat sama. Jika tidak punya waktu penuh 30 menit, Anda bisa membaginya menjadi dua sesi masing-masing 15 menit, sesuai dengan waktu yang ada. Dengan cara ini Anda tidak akan merasa gagal dan tetap semangat melanjutkan di hari berikutnya.

Dengarkan tubuh Anda: Jika Anda merasakan sakit, sesak nafas, atau pusing, maka beristirahatlah. Mungkin Anda sudah terlalu memaksa diri.

Fleksibel: Meskipun hendak menjadikan olahraga sebagai gaya hidup, bukan berarti harus memaksakan diri. Jika merasa kurang sehat, beri kesempatan kepada diri Anda untuk istirahat satu atau dua hari. Pengalaman buruk saat memaksakan diri bisa menurunkan semangat Anda. (OL-08)



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates