-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Obat Osteoporosis tidak Sebabkan Kanker

DARI hasil analisis terhadap 80 ribu pasien di Inggris, diketahui bahwa konsumsi obat risedronat oral untuk mengobati osteoporosis tak akan meningkatkan risiko terkena kanker perut dan kerongkongan. Hasil studi ini telah dipublikasikan pada 11 Agusntus 2010 pada Journal of the American Medical Association.

Penelitian ini Dalam beberapa tahun belakangan, ada penelitian yang menduga terdapat kaitan antara penggunaan obat risedronat oral dengan kanker kerongkongan dalam beberapa kasus negara Barat.

Namun, pada studi terbaru, dilakukan analisis terhadap data sebanyak 41.826 pria dan wanita berusia 70-an yang mengonsumsi obat risedronat oral antara Januari 1996 dan Desember 2006. Lalu data itu dibandingkan dengan kelompok lain berusia sama, tapi tak mengonsumsi obat tersebut.

Selama 4,5 tahun, muncul sebanyak 37 kasus kanker perut dan 79 kasus kanker kerongkongan pada kelompok yang mengonsumsi obat risedronat oral, sedangkan pada kelompok lainnya terdapat 43 kasus kanker perut dan 72 kasus kanker kerongkongan. "Kami menyimpulkan bahwa tak ada bukti substansial yang menunjukkan bahwa penggunaan obat risedronat oral akan meningkatkan risiko terkena kanker perut dan keringkongan," kata Chris R.Cardwell beserta koleganya dari Universitas Queen's University, Belfast. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates