-->

Kamis, 19 Agustus 2010

Kuman Mulut Picu Serangan Jantung


MENJAGA kesehatan mulut tidak hanya memperindah senyum dan penampilan Anda tetapi juga menjaga kesehatan secara umum. Tim peneliti dari Universitas Buffalo New York menemukan, orang-orang yang mempunyai banyak kuman di mulut lebih berisiko mengalami serangan jantung.

Dalam studi ini, para peneliti membandingkan pasien-pasien serangan jantung dengan para partisipan yang sehat. Para peneliti menemukan, pasien jantung mempunyai jumlah bakteri yang lebih banyak di mulut dibandingkan dengan partisipan sehat. Penemuan ini, terang peneliti, menambah jumlah bukti yang menunjukkan bahwa kesehatan mulut berkaitan dengan kesehatan secara umum.

Oelisoa Andriankaja dan teman-temannya berusaha mencari tahu jenis bakteri yang bisa mengakibatkan serangan jantung. Mereka melakukan percobaan pada 386 laki-laki dan perempuan pasien serangan jantung dan 840 partisipan sehat. Mereka menemukan 2 jenis bakteri yang paling umum dijumpai pada pasien serangan jantung. Bakterinya adalah Tannerella forsynthesis dan Prevotella intermedia.

Tetapi, papar peneliti dalam pertemuan International Association of Dental Research di Miami, jenis tidaklah menetukan. Yang paling menentukan adalah jumlah. Orang-orang yang mempunyai lebih banyak bakteri dari semua jenis di mulutnya mempunyai kemungkinan lebih besar mengalami serangan jantung.

"Pesan pentingnya, walaupun jenis bakteri tertentu telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung koroner, tetapi jumlah total bakterilah yang lebih penting dibandingkan dengan jenisnya," tegas Andriankaja, seperti yang dikutip oleh situs foxnews."Dengan kata lain, jumlah total bakteri lebih penting daripada satu jenis organisme."

Para ilmuwan belum yakin bagaimna bakteri menyebabkan serangan jantung. Tetapi, beberapa penelitian telah menghubungkan penyakit gusi dengan penyakit jantung. Bakteri bisa menyebabkan terjadinya peradangan yang pada akhirnya bisa menyebabkan pengentalan darah.


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates