-->

Sabtu, 21 Agustus 2010


ANAK yang ibunya terpapar beberapa jenis pestisida saat hamil cenderung memiliki perhatian yang kurang terhadap sesuatu saat mereka tumbuh besar.

Penemuan oleh peneliti AS yang telah dimuat pada jurnal Environmental Health Perspectives ini sekaligus mendukung adanya bukti bahwa pestisida organofosfat dapat memengaruhi otak manusia.

Peneliti dari Universitas California Berkeley mengadakan uji coba terhadap perempuan hamil guna mendapatkan bukti bahwa pestisida organofosfat memang dapat diserap tubuh ibu lalu si bayi sehingga berdampak pada kembang-tumbuhnya nanti. Uji coba itu menunjukkan perempuan hamil yang pada urinenya ditemukan zat pestisida memiliki risiko lebih anaknya akan mengalami gejala kelainan kurangnya perhatian terhadap sesuatu (attention deficit hyperactivity disorder/ADHD) di usia 5 tahun.

"Memang hasil studi ini belum dapat dibuktikan, tapi telah terbukti paparan pestisida organofosfat memengaruhi perilaku perhatian seorang anak," kata Amy Marks dan koleganya. Untuk mendapatkan bukti mengenai ADHD, para peneliti pun memberikan pertanyaan standar kepada para ibu dan anak mereka.

Organofosfat merupakan kuman yang menyerang sistem syaraf terutama bagian neurotransmitters, termasuk acetylcholine, yang penting bagi perkembangan otak anak. Para peneliti menganalisis para perempuan hamil yang tinggal di dareah pertanian di Salinas Valley of California. Mereka lalu meneliti sampel urine para perempuan itu guna menganalisis kandungan pestisida. Beberapa gejala ADHD muncul saat anak mereka berusia 3 tahun dan menjadi signifikan saat usia 5 tahun.

Meningkatnya metabolisme pestidisa di urine para ibu berhubungan dengan 500 persen kemungkinan terjadinya gejala ADHD di usia 5 tahun, terutama pada anak laki-laki. Ada sekitar 40 jenis pestisida organofosfat,seperti malathion di Amerika Serikat. Sebuah penelitian lainnya juga menunjukkan paparan pestisida organofosfat juga berkaitan dengan penyakit otak parkinson. (Pri/OL-06)


Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates