-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

9 Tips Memilih Tempat Fitnes

OLAHRAGA sangat penting untuk kesehatan. Dengan olahraga, Anda akan merasa baik dan terlihat baik. Kenyataan ini kelihatannya sudah mulai disadari oleh banyak orang. Dibuktikan dengan semakin ramainya tempat-tempat latihan kebugaran. Di tengah segala rutinitas dan kesibukan sehari-hari, semakin banyak orang yang berusaha meluangkan waktu untuk berolahraga.

Bagaimana dengan Anda? Sehat adalah impian dan sekaligus juga hak setiap orang. Sehat bukan cuma anugrah tetapi bisa diusahakan. Mulailah berolahraga. Tetapi, sebelum memilih tempat untuk berolahraga, Anda sebaiknya menyesuaikan segala sesuatunya agar program olahraga Anda sesuai dengan rutinitas.

Tentunya, Anda tidak ingin program olahraga mengacaukan segala kesibukan Anda. Ada beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu seperti kenyamanan, peralatan yang tersedia, keragaman kelas yang tersedia, harga serta staf atau instrukturnya.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih temapt latihan kebugaran:

Harga

Harga merupakan masalah yang tidak kalah pentingnya. Sesuaikan harga yang diminta dengan fasilitas yang ditawarkan. Kelengkapan peralatan pastinya akan mempengaruhi harga. Jadi, pastiakan dulu kalau peralatan yang tersedia layak dengan harga yang akan Anda bayar.

Biaya biasanya dibayar bulanan. Tetapi ada juga yang menawarkan keanggotaan seumur hidup. Sebaiknya, tidak usah membeli kartu keanggotaan seumur hidup. Belum tentu, Anda menemukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan di kemudian hari.


Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor penting sebelum Anda memutuskan menjadi anggota klub kebugaran tertentu. Pastikan Anda memilih tempat kebugaran yang berlokasi di tempat yang mudah Anda jangkau, baik di dekat rumah, tempat kerja, atau di tempat yang akan Anda lewati saat pulang kerja.

Kenyamanan

Pastikan klub yang dipilih membuat Anda nyaman. Sesuaikan dengan aktivitas Anda. Jika Anda mempunyai waktu luang di siang hari atau di sore hari, Anda bisa memilih klub yang buka dari pagi hingga malam. Tetapi, jika Anda tidak bisa memastikan waktu luang, lebih baik memilih klub kebugaran yang buka 24 jam. Dengan begitu, Anda bisa berolahraga kapan pun Anda punya waktu tanpa takut klub-nya tutup. Selain itu, jika Anda mempunyai anak, pastikan tempat yang Anda pilih mempunyai jasa penitipan anak.

Kelengkapan

Berdasarkan American Council on Excercise, rutinitas fitnes Anda harus termasuk latihan aerobik, latiha otot dan ketahanan, serta fleksibilitas. Oleh karena itu, sebelum memutuskan tempat, tanyakan dahulu jenis olahraga yang tersedia. Ada beberapa klub yang menawarkan peralatan yang umum dan kelas yang memadukan semua komponen, tapi ada juga yang fokus pada latiahn tertentu misalnya latiha aerobik atau latihan kekuatan. Sesuaikan pilihan Anda sebelum menentukan. Selain itu, Menurut American Heart Association, sepertiga serangan jantung terjadi diluar rumah atau di luar sakit termasuk tempat kebugaran. Jadi, pastikan kalau tempat yang Anda pilih memiliki peralatan bantuan atasi serangan.

Instruktur

Pastikan instruktur Anda mempunyai sertifikat dan reputasi yang baik. Anda sebaiknya berlatih dengan orang yang mengerti keselamatan berkaitan dengan fitnes.

Efektivitas klub

Selidiki dulu apakah program latihan di klub yang Anda incar berjalan dengan baik. Jika anggota klub aktif berlatih, silahkan mendaftar. Tetapi, jika anggotanya semakin lama semakin sedikit bahkan ada yang memilih berhenti, sebaiknya urungkan niat Anda memilih tempat tersebut. Ini menunjukkan kalau klub tersebut tidak mampu mengelola dengan baik.

Jumlah peserta

Anda tentunya tidak akan merasa nyaman jika harus berlatih di tempat yang penuh sesak. Oleh karena itu, pastikan dulu batas jumlah peserta dalam suatu program. Jumlah yang terlalu banyak akan mengganggu konsentrasi
dan kenyamanan Anda dalam berlatih.

Kebersihan.

Pastikan tempat dan peralatan yang Anda pilih bersih. Tempat dan peralatan yang jorok pastinya akan membuat Anda tidak nyaman.

Pelayanan

Faktor pelayanan juga akan mempengaruhi kenyamanan Anda. Apakah resepsionisnya hingga instrukturnya sudah cukup ramah menurut Anda? Jika Anda dilayani dengan baik, tentu Anda bisa menentukan pilihan, tetapi jika mereka tidak melayani dengan baik, sebaiknya dipertimbangkan lagi.



Sumber
mediaindonesia.com

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates