-->

Sabtu, 21 Agustus 2010

Yoghurt Kurangi Resiko Penyakit Gusi


Memakan yoghurt dan makanan lainnya yang mengandung asam laktik (lactic acid) baik untuk mulut Anda, begitu laporan dari peneliti Jepang. Dr. Yoshihiro Shimazaki dan partnernya. Mereka menyatakan dalam hasil penelitiannya bahwa dengan mengonsumsi yoghurt dan minuman asam laktik lainnya secara signifikan berhubungan dengan kesehatan periodontal yang lebih baik. "Tetapi, susu dan keju tidak," kata Shimazaki.

Penyakit periodontal merupakan kondisi dimana terdapat bakteri kronik yang berhubungan dengan menyusutnya gusi dan tanggalnya gigi pada orang dewasa. Selain menyikat gigi dan flossing secara teratur, cara yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini terbatas demikian kutip Shimazaki, dari Kyushu University di Fukuoka, Jepang, dan kolega-koleganya mencatatnya di Journal of Periodontology.

Tim Shimazaki menilai kepelikan penyakit periodontal pada 942 pria dan wanita, berumur 40 sampai 79 tahun, dan konsumsi mereka akan susu, keju, dan makanan asam laktik. Mereka menemukan bahwa orang-orang dengan penyakit gusi yang lebih parah mengonsumsi makanan yang mengandung asam laktik lebih sedikit daripada orang dengan penyakit gusi yang tidak parah.

Dibandingkan dengan laporan per-orang yang tidak mengonsumsi makanan dengan asam laktik, mereka yang mengonsumsi 55 gram atau lebih yoghurt atau minuman dengan asam laktik setiap hari secara signifikan menurunkan gejala-gejala penyakit gusi parah.

"Efek yang menguntungkan terhadap penyakit periodontal mungkin saja berdasar pada efek probiotik laktobasilus yang ditemukan di makanan yang mengandung asam laktik," kata Shimazaki pada Reuters Health. Probiotik adalah mikroorganisme hidup, seperti bakteri laktobasilus pada yoghurt yang menguntungkan bagi kesehatan seseorang.

Pada sumber yahoo.com mengatakan, pada penelitian selanjutnya para peneliti menyarankan untuk menganalisis lebih jauh efek probiotik dari makanan yang mengandung asam laktik dengan menilai distribusi bakteri asam laktik pada mulut berdasarkan pada makanan asam laktik yang mereka makan. Penelitan selanjutnya juga harus menguji apakah konsumsi makanan asam laktik yang berkelanjutan merubah perkembangan penyakit gusi.



Sumber
mediaindonesia.com


Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Info Teknologi Terkini
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-puisi ku

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar

By :
Free Blog Templates